Obat Pusing Bisa Picu Masalah Penglihatan

DokterSehat.Com– Aspirin sering diminum saat sakit kepala mulai menyerang. Walaupun dapat meringankan pusing, pemakaian aspirin yang terlalu sering dapat mengakibatkan penyakit degenerasi makula, yakni penyakit yang ditandai dengan kerusakan jaringan mata.

doktersehat-pusing-vertigo

Degenerasi makula pada dasarnya tidak menyebabkan kebutaan. Akan tetapi, penyakit ini bisa membuat penglihatan menjadi buram. Parahnya, penyakit ini bisa mengakibatkan kerusakan jaringan yang disertai perdarahan pada bagian mata.

Temuan adanya hubungan degenerasi makula dengan pemakaian aspirin dilansir dalam Journal of American Medical Association (JAMA). Studi yang melibatkan 2.389 orang pengguna aspirin dalam jangka waktu lama.

Peneliti mengungkapkan bahwa aspirin memang diperlukan untuk mengobati sakit kepala, gangguan pencernaan, dan penyakit lainnya. Namun, penggunaan aspirin juga dapat mengakibatkan penyakit degenerasi makula. Hingga kini belum ada solusi untuk menggantikan aspirin dengan obat lainnya.

Gejala awal degenerasi makula biasanya tidak disertai rasa sakit. Hanya saja penderita penyakit ini akan lebih membutuhkan cahaya saat membaca atau melakukan aktivitas lainnya. Penderita akan sulit beradaptasi di tempat yang kurang terang, sulit mengenali wajah orang, pandangan kabur, dan mengalami penurunan intensitas atau kecerahan warna.