Obat-Obatan Yang Sebaiknya Tidak Diminum Jika Belum Makan

DokterSehat.Com – Saat tubuh kita terserang penyakit, kita tentu akan mengalami penurunan fisik yang sangat signifikan. Tubuh akan cenderung terasa lemas sehingga tidak akan bisa digunakan untuk melakukan banyak aktifitas, apalagi untuk bekerja. Selain itu, saat sakit kita juga akan cenderung mengalami penurunan nafsu makan dengan sangat signifikan dan bahkan meskipun makanan yang kita konsumsi memiliki rasa yang luar biasa enak, tubuh pun akan cenderung tetap tidak merasakan kenikmatan sama sekali. Jika kita sakit dan malas untuk makan, perut pun akan cenderung kosong. Padahal, ada beberapa jenis obat-obatan yang bisa mengobati penyakit kita yang sebaiknya diminum dengan kondisi perut yang terisi.

doktersehat-vitamin-nutrisi-komponen-organik-obat-ibu-hamil-kehamilan

Jangan pernah menyepelekan label pada obat yang menyebutkan bahwa obat tersebut harus dikonsumsi setelah makan. Pakar kesehatan menyebutkan jika anjuran ini bisa mencegah kita mendapatkan efek samping yang tidak nyaman layaknya mual-mual dan masalah perut lainnya jika kita tetap mengkonsumsi obat dalam perut kosong. Beberapa jenis antibiotik layaknya amoksilin, clofazimine, atau augmentin, ternyata memiliki aturan khusus dimana obat ini harus dikonsumsi saat perut terisi.

Obat-obatan untuk penyakit kencing manis atau diabetes tipe dua yang disebut sebagai metformin juga sebaiknya dikonsumsi setelah makan mengingat jika kita mengkonsumsinya dalam kondisi perut kosong, yang terjadi adalah perut bisa mengalami nyeri yang hebat. Dengan mengkonsumsi obat ini dengan perut terisi, fungsi metformin untuk mengendalikan kadar gula darah juga akan bisa dikeluarkan dengan maksimal.

Obat-obatan untuk masalah heartburn atau naiknya asam lambung hingga ke area tenggorokan layaknya antasida juga sebaiknya dikonsumsi setelah makan atau bersamaan saat kita makan. Kondisi perut yang terisi ternyata akan membantu obat ini dalam membuat asam lambung lebih ternetralisir. Selain itu, obat-obatan berupa pil KB ternyata juga sebaiknya dikonsumsi setelah makan untuk mencegah efek samping berupa rasa mual dan juga membuat fungsinya sebagai kontrasepsi bisa benar-benar berjalan dengan baik.