Atrial Fibrilasi – Obat Lain serta Perubahan Gaya Hidup

Dosis biasa apixaban adalah 5 miligram, dikonsumsi dua kali sehari dengan atau tanpa makanan. Dalam sebuah studi terhadap lebih dari 18.000 pasien yang membandingkan apixaban dengan warfarin, orang-orang di apixaban kurang mungkin untuk mengalami stroke. Dalam studi lain dari orang-orang dengan AF yang tidak bisa atau memilih untuk tidak mengkonsumsi warfarin, apixaban lebih efektif daripada aspirin untuk mencegah stroke.

doktersehat-alkohol-rokok

Edoxaban (Lixiana, Savaysa) adalah obat anti-pembekuan lain yang disetujui FDA untuk mengurangi risiko stroke pada pasien dengan fibrilasi atrium (tidak disebabkan oleh masalah katup jantung). Edoxaban diberikan pada tingkat dosis yang lebih tinggi untuk menjadi sama dengan warfarin dalam mencegah stroke, dengan perdarahan tidak sebanyak obat lain.

Karena pemberian antikoagulan menurunkan kemampuan pembekuan darahpada pasien, obat tersebut membawa berisiko menyebabkan perdarahan yang berlebihan selama cedera yang berhubungan dengan non-stroke. Obat idarucizumab (Praxbind) dapat digunakan dalam keadaan darurat untuk membalikkan efek pengencer darah dari Pradaxa dan dengan demikian membantu menghentikan pendarahan.

Perubahan gaya hidup untuk atrial fibrilasi
Selain mengkonsumsi obat, ada beberapa perubahan yang Anda bisa lakukan untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda.

  • Jika Anda melihat bahwa irama jantung yang tidak teratur terjadi lebih sering dengan kegiatan-kegiatan tertentu, Anda harus menghindari mereka.
  • Berhenti merokok.
  • Batasi asupan alkohol. Moderasi adalah kuncinya. Tanyakan kepada dokter Anda untuk pedoman alkohol tertentu.
  • Beberapa orang yang sensitif terhadap kafein dan mungkin merasakan gejala yang lebih ketika menggunakan produk berkafein (seperti teh, kopi, cola, dan beberapa obat yang mampu dibeli bebas di apotek). Pertimbangkan untuk membatasi asupan kafein jika Anda merasa bahwa hal itu meningkatkan gejala Anda.
  • Waspadalah terhadap stimulan yang digunakan dalam obat batuk dan obat flu. Beberapa jenis obat mengandung bahan-bahan yang meningkatkan irama jantung yang tidak teratur. Baca label dan meminta dokter atau apoteker jenis obat flu yang terbaik untuk Anda.