Obat Kumur Bisa Dipakai Untuk Mengatasi Ketombe?

DokterSehat.Com – Ketombe adalah salah satu masalah kesehatan rambut yang paling umum terjadi di masyarakat. Selain bisa membuat rambut terasa lebih gatal, apalagi jika saat cuaca sedang panas-panasnya, ketombe bisa membuat kulit kepala seakan-akan rontok dan mengotori rambut atau bahkan area pundak. Hal ini tentu bisa merusak penampilan dan kepercayaan diri kita, bukan? Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi ketombe, dari yang memakai produk shampoo yang diperuntukkan khusus untuk mengatasi ketombe, hingga dengan perawatan rambut di salon. Namun, seorang blogger dari Kanada bernama Farah Dhukai memberikan tips mengatasi ketombe yang cukup unik, yakni dengan memakai obat kumur. Apakah tips ini memang efektif mengatasi ketombe yang membandel?

doktersehat-obat-kumur-atasi-ketombe

Lewat akun media sosial pribadinya, Dhukai menunjukkan sebuah video pendek yang menunjukkan bahwa dirinya memakai obat kumur untuk mengatasi ketombe. Dalam video ini, ia mencampurkan setengah dari obat kumur yang bisa ia pakai setelah menggosok gigi dengan air dengan takaran yang sama. Setelah itu, campuran antara obat kumur dan air ini dikocok dan setelah itu disemprotkan ke rambut dan kulit kepala hingga merata. Setelah beberapa saat, rambut kemudian dikeramasi dan dibilas hingga bersih.

Setelah selesai keramas, rambut dari Dhukai pun kemudian dikeringkan. Saat itulah Ia menunjukkan kulit kepalanya yang jauh lebih bersih dari masalah ketombe yang sebelumnya sanagt mengganggunya. Menurutnya, kandungan menthol, eucalyptol, thymol, hingga methyl salicylate yang memang merupakan antijamur dan antiseptik akan efektif menagtasi ketombe. Hal ini ternyata juga didukung oleh pendapat ahli kesehatan Philip Kingsley dimana menurutnya obat kumur memang sangat baik untuk mengatasi ketombe mengingat kemampuannya memusnahkan jamur malassezia yang memicu masalah ketombe ini muncul dan mengurangi iritasi pada kulit kepala. Hanya saja, menurut Kingsley, kemampuan obat kumur sebenarnya masih kurang efektif jika dibandingkan dengan shampoo anti ketombe atau tonik kulit kepala.