Benarkah Urine Sapi Bisa Menyembuhkan Kanker?

urine_sapi_doktersehat_1
Photo Source: Flickr/leszek leszczynski

DokterSehat.Com– Belakangan ini masyarakat India dihebohkan dengan pernyataan beberapa politisi di negeri Bollywood tersebut yang menyebutkan bahwa urine sapi bisa menyembuhkan kanker. Meski terlihat sebagai sebuah pepesan kosong, para peneliti ternyata memilih untuk mencari tahu kebenaran akan klaim tersebut. Bagaimanakah hasil dari penelitian ini?

Dilansir dari latestly.com, para peneliti bioteknologi yang ada di Junagadh Agriculture University menemukan sebuah fakta mengejutkan tentang urine sapi, yakni terdapat kandungan yang memang bisa menyembuhkan kanker. Menurut para peneliti, urine sapi atau gomutra bahkan bisa menjadi metode penyembuhan yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan kemoterapi.

Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa percobaan yang dilakukan dengan cara menempatkan kandungan urine sapi pada sel kanker berhasil membunuh sel-sel kanker tersebut dengan efektif. Beberapa jenis sel kanker yang diklaim bisa disembuhkan dengan urine sapi adalah kanker mulut, kanker serviks, kanker paru, kanker ginjal, kanker kulit, dan kanker payudara.

“Penelitian ini sebenarnya sangat berisiko, namun setelah kita menempatkan urine sapi pada sel kanker, sel-sel kanker ini terlihat mati dan semakin berkurang jumlahnya,” ucap Kavita Joshi yang terlibat dalam penelitian ini.

Dalam penelitian selanjutnya, Joshi dan rekan-rekannya; Shradda Bhatt dan Rukamsinh Tomar juga melakukan uji coba dengan menggunakan tikus yang sudah dikondisikan terkena kanker. Tikus-tikus ini kemudian diberi urine sapi. Hasilnya adalah, urine sapi memang bisa menurunkan jumlah sel karsinogen pada tubuh hewan pengerat ini.

Ke depannya, para peneliti ini akan mengembangkan lebih jauh tentang manfaat urine sapi dalam menyembuhkan kanker. Diharapkan, cara ini bisa membantu proses penyembuhan salah satu penyakit paling mematikan bagi manusia ini di masa depan.