Obat Ini Berbahaya Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com – Saat kita menderita penyakit tertentu, memaksa kita untuk mengonsumsi obat-obatan yang tak jarang merupakan obat keras.



Beberapa obat ini juga dapat menguras nutrisi yang disimpan tubuh yang bisa memicu berbagai masalah kesehatan lainnya.

Berikut beberapa obat yang diketahui memiliki efek samping cukup serius bagi tubuh :

  • Pil kb
    Pil KB merupakan salah satu jenis kontrasepsi yang mampu menguras nutrisi untuk tubuh sebagai neurotransmitter alami dan hormon seks.  Jenis efek samping yang ditimbulkan melalui obat ini antara lain, memicu kepanikan, kelelahan, depresi, penyakit jantung, nyeri saraf, dan berisiko tinggi untuk mengembangkan kanker payudara.
  • Obat penurun tekanan darah
    Obat penurun tekanan darah mampu menguras magnesium, kalsium, dan mineral yang penting sebenarnya penting untuk kekuatan tulang. Efek samping yang bisa ditimbulkan adalah osteoporosis, penyakit jantung, kejang otot, depresi, penurunan kekebalan tubuh, dan gangguan penglihatan.
  • Obat maag
    Proton dan H2 blocker adalah obat yang bekerja untuk mengurangi keasaman di lambung. Blocker dapat menguras magnesium dalam tubuh. Kekurangan magnesium dapat menyebabkan masalah jantung, tekanan darah tinggi dan gangguan mood.
  • Obat pengendali kolesterol
    Statin adalah jenis obat yang diresepkan dokter pada pasien dengan kolesterol tinggi agar terhindar dari serangan jantung Beberapa jenis Statin yang umum antara lain, Atorvastatin (Lipitor), lovastatin (Mevacor), dan pravastatin (Pravachol). Obat ini diketahui dapat menguras vitamin D dalam tubuh dan menyebabkan efek samping seperti kelelahan, kram otot, sesak napas, penyakit jantung, peningkatan risiko kanker, dan infeksi berulang.