Obat Herbal Untuk Endokarditis

DokterSehat.Com – Endokarditis adalah infeksi katup jantung atau membran bagian dalam dari jantung (endokardium). Nama lain untuk kondisi ini adalah ‘endokarditis infektif’ atau ‘endokarditis bakteri’. Gejalanya bisa berupa demam dan menggigil, lesu, kehilangan nafsu makan, detak jantung lambat atau cepat, peningkatan pernapasan dan batuk terus-menerus. Tanpa pengobatan, infeksi dapat sangat membahayakan atau bahkan menghancurkan katup jantung.



Endokarditis adalah infeksi pada endokardium atau katup jantung. Endokardium adalah membran yang melapisi permukaan bagian dalam jantung. Endokarditis dapat terjadi pada orang yang memiliki penyakit jantung yang sudah ada sebelumnya.

Tanpa perawatan medis, infeksi dapat sangat membahayakan atau bahkan menghancurkan katup jantung. Beberapa prosedur gigi dan bedah meningkatkan risiko endokarditis karena bakteri dapat memasuki ke dalam aliran darah. Endokarditis juga dikenal sebagai endokarditis infektif atau endokarditis bakteri.

Penyebab

Endokarditis paling banyak disebabkan oleh streptokokus viridans yaitu mikroorganisme yang hidup dalam saluran napas bagian atas. Sebelum ditemuklan antibiotik, maka 90 – 95 % endokarditis infeksi disebabkan oleh streptokokus viridans, tetapi sejak adanya antibiotik streptokokus viridans 50 % penyebab infeksi endokarditis yang merupakan 1/3 dari sumber infeksi. Penyebab lain dari infeksi endokarditis yang lebih patogen yaitu stapilokokus aureus yang menyebabkan infeksi endokarditis subakut. Penyebab lainnya adalah stertokokus fekalis, stapilokokus, bakteri gram negatif aerob/anaerob, jamur, virus, ragi, dan kandida.

Gejala

  • Sesak nafas sangat pada dada terutama dada kiri.
  • Rasa panas di dada kiri.
  • Kadang disertai nyeri di ulu hati karena terjadi pembengkakan limfa.
  • Rasa kesemutan pada dada kiri
  • Nafas menjadi lebih pendek dan mudah batuk tanpa dahak
  • Detak jantung terasa tidak teratur

Meski gejala-gejala di atas menyerupai jenis penyakit jantung lain, tetapi begitu Anda mengalami gejala-gejala diatas Anda memang patut menjalankan pemeriksaan intensif di dokter. Karena ini sudah jelas menandakan Anda mengalami masalah dengan jantung, termasuk kemungkinan mengalami endokarditis.

Pembiaran akan keluhan di atas bisa menyebabkan kerusakan jaringan yang lebih berat dan sulit teratasi. Selain ini sifat bakteri yang tergolong ganas, bisa menyebabkan masuknya infeksi ke dalama rea paru-paru dan perut. Dan di perut, kecenderungan untuk terjadi iritasi lebih besar sehingga serangan bakteri bisa lebih buruk lagi.

Baca Juga:  Makan satu butir telur setiap hari tidak jadi masalah!

Pengobatan herbal

Tidak banyak langkah yang bisa ditempuh secara medis untuk mengatasi endokarditis. Karena serangan endokarditis kerap kali merupakan sebuah puncak dari seranga infeksi lain atau efek samping dari keluhan bakteremia dan septikemia.

Hanya saja dalam taraf ringan, terapi dengan anti biotik yang tepat disertai terapi obat-obatan khusus untuk jantung akan sangat membantu. Kadang diperlukan pembedahan jantung untuk memperbaiki kondisi jaringan dalam katup, meski pada kasus tertentu malah solusi ini tidak selalu disarankan. Pilihan lain adalah dengan pemasagan katup sintetis, tetapi ada beberapa pertimbangan dalam pemilihan solusi ini karena kadang tubuh menolak keberadaan katup buatan ini dalam tubuh.

Bisakah keluhan jantung ini diatasi dengan oebat herbal endokarditis? Tentu saja, meski tingkat kesembuhannya jelas tetap bergantung pada seberat apa kondisi penyakitnya. Namun dalam beberapa penelitian dipastikan beberapa jenis herbal cukup efektif menghadapi serangan bakteri ganas macam pneumokokus, streptokokus dan strapilokokus.

Didampingi dengan sifat herbal yang kebanyakan kaya akan anti oksidan dan anti toksin dengan sifat anti inflamasi alami, maka obat herbal endokarditis alami ini bisa menjadi solusi alternatif atasi keluhan tanpa operasi.

Salah satunya adalah Noni juice yang terbukti mengandung berbagai jenis senyawa alami seperti flavonoid dan xeronyne yang baik untuk menangani endapan toksin dalam darah dan membantu mengatasi keluhan infeksi. Kekuatan anti inflamasi terbaik bisa Anda dapatkan dari perpaduan terpenoid dan scolopetin yang juga akan membantu meningkatkan regenerasi sel sehat dalam jantung.

Kandungan asam kaproat dan asam kaprat alam Noni juice yang menjadi penyebab rasa dan aroma buah ini terasa tajam justru menjadi senjata ampuh melawan serangan bakteri ganas, seperti pneumokokus, streptokokus dan strapilokokus.

Penggunaan terapi pengobatan tradisional dengan Noni juice pada pengidap endokarditis akan sangat membantu menekan penyebaran penyakit, meningkatkan kemungkinan sembuh dan membantu mengatasi serangan bakteri dengan lebih baik.