Obat Herbal Batuk Untuk Anak

DokterSehat.Com – Batuk merupakan penyakit yang seringkali menimpa si kecil, meskipun tidak terlalu membahayakan, namun batuk seringkali mengganggu aktifitas si kecil, belum lagi jika ia mempunyai teman bermain yang bisa saja tiba-tiba menjauhinya karena si kecil menderita batuk.



Sebagai orangtua, Anda tentu saja harus mengambil jalan yang tepat untuk mengatasinya, jangan biarkan anak Anda menderita kesakitan karena penyakit ini. Tentu saja Anda akan merasa sedih bukan jika buah hati Anda harus tersiksa oleh penyakit batuk. Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi batuk pada anak Anda?

Obat herbal bantuk untuk anak

Beberapa orang mungkin akan memilih membeli obat berbahan kimia, padahal mungkin saja obat tersebut tidak aman untuk dikonsumsi oleh anak Anda. Pilihan yang paling tepat untuk batuk yang dialami anak Anda yaitu dengan obat herbal atau obat yang terbuat dari bahan alami.

Anda dapat membuatnya sendiri, obat ini lebih aman untuk Anda berikan kepada anak Anda. Terlebih lagi jika anak Anda masih berusia 1 tahun, obat herbal aman dan baik untuk Anda gunakan. Berikut adalah beberapa bahan yang dapat Anda gunakan sebagai obat batuk anak Anda :

  • Jahe dan kencur
    Obat batuk herbal untuk anak 1 tahun ini mudah untuk dibuat, caranya yaitu siapkan jahe dan kencur. Masing-masing ukurannya yaitu sekitar 1 cm, memarkan dan kemudian direbus menggunakan air 1 gelas. Setelah itu, tunggu sampai air yang tersisa tinggal setengahnya, tambahkan juga perasan 1 buah jeruk nipis dan juga 1 sendok makan madu.

    Aduk hingga rata dan angkat, saring air rebusan tersebut dan tunggu hingga terasa hangat. Ramuan ini dapat digunakan sebagai obat herbal batuk yang dialami buah hati Anda. Jika dirasa ramuan ini seperti jamu, Anda juga dapat menambahkan sedikit gula pasir.

  • Jeruk nipis
    Jeruk nipis memang terkenal sebagai obat herbal yang digunakan untuk mengatasi batuk, tidak hanya digunakan untuk orangtua saja tetapi juga baik untuk anak-anak. Caranya cukup mudah, yang pertama yaitu dengan menggunakan 3 sendok makan perasan jeruk nipis campur dengan 3 sendok makan madu dan juga air matang sebanyak 5 sendok makan.

    Bahan-bahan tersebut dapat Anda tim, kira-kira yaitu sekitar 30 menit. Untuk anak umur 1 tahun dapat menggunakan takaran setengah sendok teh, sehari 2 kali. Sedangkan untuk anak berumur 2 tahun dapat menggunakan takaran 1 sendok teh dan diminum sehari 2 kali.

  • Kencur
    Untuk mengobati batuk anak, Anda dapat memanfaatkan kencur sebagai obat herbal. Obat ini juga dapat digunakan untuk anak Anda yang berusia 2 tahun, obat batuk herbal untuk anak 2 tahun ini aman. Caranya yaitu dengan menyiapkan 5 gram kencur yang telah dicuci bersih.

    Parut kencur tersebut dan kemudian tambahkan 2 sendok makan air putih yang sudah dimasak, aduk sampai rata. Kemudian saring ramuan tersebut, tambahkan pula dengan madu sebanyak 1 sendok makan. Obat ini dapat Anda berikan kepada si kecil sebanyak 2 sampai 3 kali sehari.