Obat Herbal Alami Untuk Penyakit Radang Tenggorokan

DokterSehat.Com – Dimasyarakat indonesia penyakit radang bayak sekali macamnya seperti radang paru-paru,radang sendi termasuk ada juga radang tenggorokan dalam artikel ini kami akan mencoba membahas tentang penyakit radang tenggorokan. Radang tenggorokan sudah cukup terkenal di indonesia bahkan penderitanyapun cukup banyak, dalam bahasa medis radang tenggorokan disebut faringitis, adalah peradangan atau inflamasi pada tenggorokan atau faring.

5

Ketika seseorang menderita radang tenggorokan hal ini akan menyebabkan suara serak atau kehilangan suara lengkap karena iritasi pada lipatan vokal (pita suara). Disfonia merupakan istilah medis untuk gangguan vokal, serta salah satu penyebab radang tenggorokan.

Radang tenggorokan dikategorikan sebagai radang tenggorokan akut jika berlangsung kurang dari beberapa hari, jika dikategorikan sebagai radang tenggorokan kronis, dan dapat berlangsung lebih dari 3 minggu. Bentuk kronis dari penyakit radang tenggorokan ini kebanyakan terjadi pada usia pertengahan dan lebih sering terjadi pada pria daripada wanita.

Radang tenggorokan disebabkan hal-hal berikut :

  1. Infeksi virus
  2. Infeksi bakteri atau jamur
  3. Asam reflux disease
  4. Peradangan akibat berlebihan dari pita suara
  5. Batuk yang berlebihan, merokok, atau konsumsi alcohol
  6. Alergi
  7. Penggunaan kortikosteroid inhalasi untuk pengobatan asma

Beberapa gejala radang tenggorokan :

  1. Suara serak
  2. Kering, sakit tenggorokan
  3. Batuk, yang dapat menjadi penyebab radang tenggorokan
  4. Kesulitan menelan
  5. Sensasi pembengkakan di daerah laring
  6. Dingin atau gejala seperti flu
  7. Pembengkakan kelenjar getah bening di tenggorokan, dada, atau wajah
  8. Demam
  9. Batuk keluar darah
  10. Kesulitan bernafas (kebanyakan pada anak-anak)
  11. Kesulitan makan
  12. Peningkatan produksi air liur dalam mulut

Berikut ini obat-obat Tradisional Obat Radang Tenggorokan yang alami :

  1. Jahe dan kayu manis (akar manis)
    Air rebusan jahe dan kayu manis (akar manis) dapat membantu menyembuhkan radang tenggorokan, tambahkan gula merah atau madu jika ingin rasa yang enak. Lakukan 2kali sehari dan hindari penggunaan berlebihan karena akan menyebabkan perut Anda panas.
  1. Garam dan air hangat
    Campuran 1 sendok teh garam dan 200 ml air hangat dapat membunuh bakteri di tenggorokan, airnya harus hangat dan dapat diminum, jangan gunakan air panas. Lakukan 2-3kali sehari dalam masa pengobatan.
  1. Madu dan Air hangat
    Satu sendok makan madu yang dicampur air hangat dan lemon adalah obat alami yang baik untuk radang tenggorokan, ramuan madu dan campuran air hangat ini dapat melapisi tenggorokan dan menenangkan iritasi.
  1. Cuka apel (vinegar)
    Campur 200mL cuka apel dan 100mL madu. Untuk mengkonsumsinya campur 2 sendok teh campuran cuka apel dan madu ini dengan 250 mL air mineral, lakukan 3kali sehari dan ketika bangun tidur.
  1. Bawang putih
    Sudah menjadi rahasia umum bahwa bawang putih adalah antibiotik alami, dengan mengunyah 2 siung bawang putih setiap hari, tubuh akan terbantu untuk melawan bakteri dan virus yang menyebabkan radang tenggorokan.