Hepatitis C – Obat

Dengan bentuk terbaru dari pengobatan antivirus, jenis yang paling umum dari hepatitis C kronis dapat disembuhkan di sebagian besar individu.

doktersehat-drugs-obat-kotrasepsi-arginine-obat-palsu

Obat apa yang mengobati dan menyembuhkan hepatitis C?
Pengobatan hepatitis C kronis telah melalui beberapa generasi obat. Belum lama ini, pengobatan terbatas pada interferon alfa-2b (Intron A) atau pegylated interferon alfa-2b (Pegetron), dan ribavirin (RibaPak dan lain-lain). Interferon dan pegylated interferon harus disuntikkan di bawah kulit (subkutan), sementara ribavirin diminum. Terapi kombinasi jarang digunakan saat ini, yang direkomendasikan untuk setidaknya hanya genotipe umum virus hepatitis C (HCV).

Sejak 2010, obat antivirus kerja-langsung (DAA) telah digunakan. Generasi kedua antiviral untuk HCV adalah protease inhibitor telaprevir (Incivek) dan boceprevir (Victrelis), dikonsumsi dengan cara diminum. Obat tersebut digunakan dalam kombinasi dengan obat sebelumnya untuk meningkatkan efektivitas (khasiat). Obat ini juga tidak lagi digunakan secara umum dan telah digantikan oleh pilihan yang lebih baik.

Seperti banyak yang dipelajari tentang bagaimana virus hepatitis C bereproduksi dalam sel-sel hati, obat baru terus dikembangkan untuk mengganggu proses pelipatgandaan jumlah virus ini pada tahapan yang berbeda. Dengan demikian, kita tidak lagi berpikir tentang generasi obat, melainkan kategori-kategori tindakan. Penelitian dan pengembangan antiviral terus berjalan, dengan agen baru datang ke pasar setiap beberapa bulan. Setiap kategori ditingkatkan dan diperluas dengan penambahan obat baru, yang lebih aman dan lebih efektif.

Seperti disebutkan sebelumnya, ada beberapa genotipe HCV. Obat antivirus yang berbeda disetujui dan direkomendasikan untuk genotipe yang berbeda, berdasarkan efektivitas yang ditunjukkan dalam uji klinis. Hal ini terutama berlaku karena terapi yang direkomendasikan untuk setiap genotipe tertentu sering berubah sebagai obat baru dan penelitian baru menjadi tersedia. Sebuah penjelasan rinci tentang semua rekomendasi, pilihan, dan bagaimana mereka bekerja adalah di luar lingkup artikel ini. Semua obat ini harus digunakan hanya di bawah manajemen dokter spesialis.