Obat Dari Puskesmas Kurang Manjur Jika Dibandingkan Dengan Obat Rumah Sakit?

DokterSehat.Com– Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) adalah fasilitas kesehatan tingkat pertama yang tersedia di tiap kecamatan di seluruh Indonesia. Dengan adanya puskesmas ini, diharapkan masyarakat akan semakin mudah mendapatkan layanan kesehatan atau memeriksakan kondisi kesehatannya jika mengalami kondisi tertentu. Sayangnya, ada anggapan yang dipercaya oleh banyak masyarakat dimana obat yang didapatkan dari puskesmas cenderung kurang manjur mengatasi masalah kesehatan jika dibandingkan dengan obat rumah sakit. Apakah hal ini benar adanya?

Tips Memilih Obat Darah Tinggi

Tak hanya kualitas obat, sebagian masyarakat bahkan sampai meragukan kualitas tenaga medis dari puskesmas. Biasanya, hal ini disebabkan oleh biaya berobat di puskesmas yang cenderung jauh lebih murah. Karena murah, kualitas obat yang didapatkan pun dianggap kurang sebaik obat dari rumah sakit yang berharga mahal.

Kepala Puskesmas Kota Depok, Jawa Barat bernama dr. Nur Afiyah menyebutkan bahwa obat yang ada di Puskesmas memang berbeda dari obat yang disediakan oleh rumah sakit. Hanya saja, obat ini sudah sesuai dengan standar Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan disediakan oleh perusahaan farmasi besar dan terpercaya. Memang, jenis, kemasan, atau bahkan dosis obat dari puskesmas bisa saja berbeda dari obat rumah sakit. Namun, untuk urusan manjur tidaknya obat-obatan dari puskesmas ini, dr. Nur menyebutkan bahwa kualitas obat puskesmas cenderung terus meningkat sehingga tidak perlu diragukan lagi kemanjurannya.

Mengingat kini puskesmas adalah tempat pertama yang harus dikunjungi oleh orang yang sakit jika ingin mendapatkan penanganan medis yang cepat dan tepat atau rujukan untuk dirawat di rumah sakit yang lebih besar, ada baiknya kita tidak lagi ragu memeriksakan kondisi kesehatan ke puskesmas. Toh pemerintah juga secara rutin melakukan akreditasi setiap tiga tahun pada seluruh puskesmas di Indonesia demi meningkatkan mutu pelayanan bagi masyarakat.