Obat Curek atau Congek (Telinga Berair)

DokterSehat.Com– Curek merupakan situasi dimana telinga berair yang dapat dikarenakan berbagai faktor penyebab, yaitu infeksi atau peradangan pada lubang telinga luar atau infeksi telinga tengah.

doktersehat-kotoran-telinga-earwax-perawatan

Infeksi telinga luar, pada banyak kasus, penyebabnya karena terlalu sering membersihkan telinga dengan menggunakan kapas telinga atau benda tajam lain seperti peniti, jepitan rambut dan lain-lain. Dalam hal ini berdampak pada terjadinya perlukaan kulit lubang telinga, atau bahkan yang paling fatal mengakibatkan robeknya gendang telinga. Luka tersebut dapat terinfeksi dan terkontaminasi dengan air yang masuk dari luar telinga, menyebabkan kondisi telinga berair seperti yang dinyatakan sebelumnya.

Telinga berair juga dapat disebabkan karena pecahnya gendang telinga karena tekanan dalam rongga telinga tengah akibat proses infeksi yang biasanya disebabkan infeksi saluran pernafasan atas yang berulang, setelah gendang telinga pecah cairan nanah mengalir keluar ke lubang telinga.

Gejala
Pada penderita curek biasanya akan timbul keluhan dengan gejala seperti telinga akan terasa sangat penuh dengan tanpa alasan atau penyebab yang pasti, bagian dalam telinga akan merasa gatal, bisa juga ditandai dengan timbulnya rasa nyeri yang juga bisa disertai dengan darah dan curek ini juga bisa ditandai dengan timbulnya kotoran pada dalam telinga yang berupa cair ataupun kental yang berwarna gelap atau abu-abu. Akan tetapi penyakit curek ini juga bisa tidak mengeluarkan gejala apapun.

Pengobatan dapat dilakukan dengan tanaman Tribulus dan Maca yang keduanya sangat baik dan manjur untuk mengatasi penyakit telinga seperti curek, congek, telinga berair, telinga bernanah dan berdenging. Dalam penyembuhan penyakit congek, tanaman ini bekerja untuk mengganti sel-sel yang mati atau rusak dalam tubuh termasuk telinga bahkan mampu mengganti jaringan sel yang sudah mati sehingga fungsi gendang telinga kembali seperti semula. Selain itu Tribulus dan Maca dapat meningkatkan sistem imunitas, menangkal virus, bakteri, penyakit, dan infeksi.