Mengobati Congek secara Alami di Rumah

Doktersehat-bahaya-mengorek-kuping-terlalu-dalam

DokterSehat.Com– Congek atau curek merupakan situasi dimana telinga berair yang disebabkan berbagai faktor, yaitu infeksi atau peradangan pada lubang telinga luar atau infeksi telinga tengah.

Infeksi telinga luar, pada banyak kasus, penyebabnya karena terlalu sering membersihkan telinga dengan menggunakan kapas telinga atau benda tajam lain seperti peniti, jepitan rambut dan lain-lain. Penggunaan benda berdampak terjadinya luka di kulit lubang telinga, atau bahkan yang paling fatal mengakibatkan robeknya gendang telinga.

Luka tersebut dapat terinfeksi dan terkontaminasi dengan air yang masuk dari luar telinga, menyebabkan kondisi telinga berair.

Telinga berair juga dapat disebabkan pecahnya gendang telinga karena tekanan dalam rongga telinga tengah akibat proses infeksi. Ini biasanya disebabkan infeksi saluran pernapasan atas yang berulang. Setelah gendang telinga pecah, cairan nanah mengalir keluar ke lubang telinga.

Gejala Congek

Pada penderita congek biasanya akan timbul keluhan dengan gejala seperti telinga terasa sangat penuh dengan tanpa alasan atau penyebab yang pasti. Bagian dalam telinga akan terasa gatal, bisa juga ditandai dengan timbulnya rasa nyeri yang juga bisa disertai dengan darah dan congek. Ini juga bisa ditandai dengan timbulnya kotoran dalam telinga yang berupa cairan kental berwarna gelap atau abu-abu. Akan tetapi penyakit congek ini juga bisa tidak mengeluarkan gejala apapun.

Mengobati Congek secara Alami

Pengobatan dapat dilakukan dengan tanaman Tribulus dan Maca yang keduanya sangat baik dan manjur untuk mengatasi penyakit telinga seperti curek, congek, telinga berair, telinga bernanah dan berdenging.

Dalam penyembuhan penyakit congek, tanaman ini bekerja untuk mengganti sel-sel yang mati atau rusak dalam tubuh termasuk telinga bahkan mampu mengganti jaringan sel yang sudah mati sehingga fungsi gendang telinga kembali seperti semula. Selain itu Tribulus dan Maca dapat meningkatkan sistem imunitas, menangkal virus, bakteri, penyakit, dan infeksi.

Berikut cara mengobati congek secara alami lainnya yang bisa Anda lakukan di rumah:

1. Cuka sari apel

Tampaknya cuka sari apel dapat digunakan untuk mengobati begitu banyak penyakit, jadi seharusnya tidak mengejutkan Anda yang juga membuat daftar cara menghilangkan infeksi telinga atau obat telinga berair secara alami.

Sebagai obat untuk telinga berair, cuka sari apel bekerja untuk menghilangkan jamur dari telinga. Ini dilakukan dengan mengubah tingkat pH di dalam telinga, mencegah bakteri untuk berkembang. Jadi jika Anda mencari cara menangani sakit infeksi telinga, cuka sari apel adalah merupakan cara yang aman.

Cara menggunakan cuka sari apel:

Encerkan cuka sari apel dengan air suhu ruangan dan tambahkan beberapa tetes di telinga. Tutupi telinga dengan bola kapas dan berbaring di sisi Anda sehingga telinga yang terinfeksi menghadap ke atas. Dengan membiarkan campuran cuka sari apel meresap ke telinga, Anda akan memiliki penghilang rasa sakit alami untuk infeksi telinga.

2. Minyak zaitun

Ketika kotoran menumpuk di telinga, Anda bisa menjadi lebih rentan terhadap infeksi telinga, jadi cara yang baik untuk mengobati infeksi telinga adalah dengan mengangkat kotoran telinga.

Cara menggunakan minyak zaitun:

  • Alih-alih menggunakan cutton bud pada telinga, yang dapat menyebabkan bahaya, minyak zaitun secara alami memecah lilin atau kotoran telinga.
  • Mirip dengan campuran cuka sari apel, cukup taruh beberapa tetes minyak zaitun langsung di telinga. Biarkan beberapa saat, sehingga dapat berfungsi dengan baik. Anda akan menemukan bahwa kotoran akan melunak, pecah dan jauh lebih mudah untuk dihilangkan.

3. Garam

Jika ingin menghilangkan rasa sakit infeksi telinga, coca lihat rak bumbu Anda. Garam adalah cara yang efektif untuk mengobati infeksi telinga; khususnya, bumbu dapur ini membantu mengatasi nyeri infeksi telinga.

Cara menggunakan garam:

Mulailah dengan memanaskan garam di microwave – ini seharusnya tidak menjadi panas, hanya hangat. Tuangkan garam hangat ke dalam kaus kaki dan letakkan langsung di telinga yang terinfeksi. Panas dapat mengurangi peradangan serta rasa sakit. Ini juga bisa dilakukan sesuai kebutuhan sepanjang hari.

4. Tea tree oil

Karena sifat antibakterinya yang ringan, tea tree oil sangat baik untuk mengobati infeksi telinga. Menurut pakar kesehatan, tea tree oil telah diakui keefektifannya dalam membunuh bakteri dan jamur. Ketika ingin mengobati infeksi telinga, menghilangkan bakteri dan jamur adalah kuncinya.

Cara menggunakan tea tree oil:

Minyak harus dicampur bersama dengan minyak zaitun dan cuka sari apel, dan sedikit dihangatkan. Beberapa tetes harus ditaruh di telinga sehingga bisa meresap. Anda akan menemukan bahwa Anda bisa menghilangkan rasa sakit dari infeksi telinga dengan cara ini.

5. Bawang putih

Bumbu dapur yang satu ini juga bagian dari pengobatan alami untuk infeksi telinga. Bawang putih adalah pahlawan kesehatan. Apakah Anda mengalami sakit tenggorokan atau bahkan batuk, bawang putih biasanya digunakan sebagai penyembuhan alami dalam jamu tradisional.

Cara menggunakan bawang putih:

  • Anda ingin menggunakan bawang putih tumbuk untuk menghilangkan rasa sakit karena infeksi, rebuslah bawang putih.
  • Setelah bawang putih direbus, tumbuk dan bungkus dengan kain bersih. Seperti perawatan dengan garam, letakkan kain penuh bawang putih rebus di telinga yang terinfeksi dan gunakan bila diperlukan.

6. Daun basil

Jika infeksi Anda tidak terlalu besar, basil adalah pilihan yang bagus untuk mengurangi infeksi dan mengurangi rasa sakit.

Cara menggunakan basil:

Dengan menghancurkan beberapa daun basil segar, gunakan daun basil yang telah ditumbuk di sekitar telinga Anda. Jangan biarkan basil masuk ke lubang telinga. Anda juga bisa menggabungkan sari buah basil dengan sedikit minyak kelapa dan menggosok campuran di sekitar area telinga yang terinfeksi.

7. Bawang

Layaknya bawang putih, bawang juga memiliki banyak khasiat obat.

Cara menggunakan bawang:

Untuk penghilang rasa sakit karena infeksi telinga dengan menggunakan bawang, pertama panaskan bawang dan kemudian tumbuki. Aplikasikan beberapa tetes ke telinga. Biarkan bawang meresap di telinga sebentar, kemudian putar kepala Anda sehingga bisa mengalir keluar.

8. Kompres

Panas dapat menjadi sarana yang efektif untuk menghilangkan rasa sakit infeksi telinga, karena dapat melonggarkan kotoran telinga (lilin) dan mengurangi rasa sakit yang mungkin Anda rasakan. Apakah Anda menggunakan botol air hangat, bantal pemanas, atau bahkan pemanasan kain, selama benda-benda ini tidak panas, tetapi cukup hangat untuk diletakkan di telinga, mereka aman digunakan sebagai pengobatan alami untuk infeksi telinga.

Sila mencoba di rumah ya, Teman Sehat! Semoga pengobatan alami ini bermanfaat untuk Anda dan keluarga.