Pengobatan Alami Ini Mampu Menurunkan Kolesterol Tinggi

DokterSehat.Com– Kolesterol tinggi telah menjadi perhatian bagi mereka yang mengerti dampaknya terhadap penyakit jantung. Ini adalah salah satu faktor risiko terbesar dalam penyakit jantung. Kabar baiknya, kolesterol dapat diturunkan dengan mudah secara alami dan tidak diperlukan pengobatan jika gaya hidup dan perubahan pola makan dilakukan pada tahap awal.

Menjaga kadar kolesterol dalam batas yang ditentukan jauh lebih aman daripada membiarkannya naik. Gaya hidup saat ini menyebabkan peningkatan penyakit jantung di seluruh dunia dan semakin banyak orang menjadi sadar akan perubahan yang mungkin harus mereka lakukan untuk menghindari penyakit jantung.

Jika kadar kolesterol lebih tinggi, maka tidak perlu panik. Anda perlu mencari tahu mengapa kolesterol tinggi. Kemungkinan besar karena jenis makanan yang biasa dikonsumsi. Menjalani perubahan yang disarankan dapat menurunkan kolesterol secara alami.

Sebelum mengetahui pengobatan kolesterol, mari kita cari tahu terlebih dahulu lebih rinci tentang kolesterol.

Mengapa menurunkan kolesterol penting?

Kolesterol adalah zat berlilin dalam darah Anda yang dibutuhkan tubuh Anda untuk terus membangun sel-sel sehat. Tubuh kita dirancang dengan sangat baik sehingga menghasilkan kolesterol yang dibutuhkan.

Tubuh kita terkadang menghasilkan lebih banyak kolesterol daripada yang kita butuhkan, dan kelebihan kolesterol ini bersirkulasi dalam aliran darah. Produksi terus-menerus dari tingkat kolesterol yang tinggi dapat menimbulkan bahaya kesehatan yang serius

Itu berasal dari diet, makanan yang kita makan. Konsumsi lemak jenuh berlebih seperti daging dan produk susu adalah penyebab utama peningkatan kadar kolesterol dalam darah.

Makanan nabati seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian tidak mengandung kolesterol. Kolesterol biasanya menumpuk di pembuluh darah yang membawa darah dari jantung ke bagian tubuh lainnya (dinding arteri). Penumpukan kolesterol ini disebut plak.

Plak membangun di dinding dari waktu ke waktu mempersempit arteri. Penyempitan arteri disebut atherosclerosis atau pengerasan arteri. Ini mengurangi suplai darah ke organ vital tubuh dan dapat mengakibatkan gagal jantung, kerusakan otak, gagal ginjal dan kebutaan.

Gejala kolesterol tinggi

Gejala kolesterol tinggi yang paling mengkhawatirkan adalah penyumbatan jantung dan stroke. Ini adalah kasus ekstrem ketika kolesterol tinggi tetap tidak teridentifikasi untuk waktu yang sangat lama. Periode yang panjang di sini berarti dekade.

Bagaimana cara tetap tidak teridentifikasi selama beberapa dekade? karena biasanya tidak ada gejala. Hanya tes darah yang akan mengungkapkan apakah Anda memiliki kolesterol tinggi atau tidak. Namun ada faktor risiko yang dapat menunjukkan bahwa Anda harus memeriksa kadar kolesterol.

Selama ini tidak ada periode gejala, Anda akan secara bertahap mengembangkan penyakit jantung karena kolesterol tinggi dan menangkap gejala lain yang memberi indikasi kolesterol tinggi. Berikut 6 kondisi yang seharusnya mengingatkan Anda untuk memeriksa kadar kolesterol:

  • Nyeri dada – nyeri dada yang khas disebut Angina yang terjadi setelah tubuh melakukan aktivitas fisik untuk beberapa waktu
  • Leher, rahang, perut bagian atas, atau sakit punggung – Meskipun rasa sakit ini dapat disebabkan oleh kondisi lain, tetapi tes darah diperlukan untuk menghubungkannya dengan kolesterol dan penyakit jantung
  • Mati rasa atau kedinginan pada ekstremitas – Periksa profil lipid Anda
  • Mual – Mual dapat menjadi gejala untuk sejumlah kondisi kesehatan, tetapi harus melakukan tes darah untuk menyingkirkan kolesterol tinggi.
  • Kelelahan ekstrem – Kelelahan tanpa alasan yang jelas menunjukkan kemungkinan kolesterol tinggi. Penyakit arteri perifer dapat menyebabkan kram dan kelelahan.
  • Sesak napas – menunjukkan masalah jantung atau paru-paru. Tes darah akan mengungkapkan penyebab sebenarnya.

Jika mendapatkan salah satu dari gejala di atas dan belum pernah melakukan tes darah sebelum atau tes darah Anda sebelumnya telah menunjukkan profil lipid yang normal, dokter mungkin merekomendasikan tes darah untuk memeriksa kadar kolesterol. Lakukanlah dan lindungi diri dari kondisi yang memburuk. Kolesterol tinggi dan penyakit jantung bersifat reversibel, jadi lebih awal tahu itu lebih baik dan lebih mudah untuk membalikkannya.

Penyebab kolesterol tinggi

Genetika memainkan peran penting dalam risiko kolesterol tinggi seseorang. Jika orangtua memiliki kolesterol tinggi maka Anda harus berhati-hati. Namun, gaya hidup dan diet saat ini merupakan penyumbang terbesar untuk kolesterol tinggi, kondisi lain seperti diabetes tipe 2, penyakit ginjal dan jantung.

Berikut 4 faktor risiko yang dapat berkontribusi pada kadar kolesterol tinggi.

1. Diet

Jika diet tinggi kandungan lemak jenuh maka kadar kolesterol darah akan naik. Makanan tertentu secara alami tinggi kolesterol. Mengonsumsi makanan tersebut juga akan meningkatkan kadar kolesterol. Pengurangan konsumsi lemak jenuh tinggi dan kolesterol yang mengandung makanan ini secara bertahap akan menurunkan kadar kolesterol darah.

2. Kelebihan berat badan

Obesitas dan kelebihan berat badan menyebabkan banyak masalah kesehatan. Penyakit jantung adalah salah satu kondisi yang disebabkan oleh kelebihan berat badan. Kegemukan juga meningkatkan kadar kolesterol.

Kolesterol jahat (LDL) meningkat dalam darah saat berat badan mulai masuk ke kategori kelebihan berat badan. Menurunkan berat badan akan mengurangi kolesterol dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) yang akan melindungi dari penyakit jantung.

3. Kurangnya aktivitas fisik

Kurangnya aktivitas fisik telah menjadi norma untuk gaya hidup modern saat ini. Tinggal di rumah ber-AC dan bekerja di kantor ber-AC. Hampir tidak ada aktivitas fisik, bukan.
Gaya hidup seperti ini memiliki efek buruk pada kesehatan yang akan mengembangkan penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes dan sejumlah kondisi kesehatan lainnya. Tetap aktif dapat menurunkan kolesterol.

4. Umur dan gender

Ini adalah satu area yang berada di luar kendali]. Seiring bertambahnya usia, kadar kolesterol akan meningkat, jadi harus lebih aktif dan mengendalikan diet. Jika Anda seorang wanita maka setelah menopause tingkat LDL Anda mungkin mulai meningkat.

Pengobatan alami untuk kolesterol tinggi

Menurunkan kolesterol kemungkinan dapat dilakukan tanpa obat apa pun. Ini membutuhkan disiplin yang ketat. Bahkan praktisi medis merekomendasikan TLC (Therapeutic Lifestyle Changes) atau Perubahan Gaya Hidup Terapeutik. Perubahan gaya hidup yang diperlukan adalah diet, pengurangan berat badan, olahraga dan berhenti merokok.

Terdapat 3 pengobatan alami yang dapat menurunkan kolesterol, seperti melansir Home Remedies for All, berikut ini:

1. Diet TLC

Diet TLC mengharuskan seserorang untuk menghindari lemak jenuh dan mengonsumsi lebih banyak makanan kaya serat. Serat larut membantu membersihkan LDL. Anda harus mengurangi lemak hewani dan produk-produk susu penuh lemak. Anda dapat mengganti lemak jenuh dengan lemak tak jenuh tunggal seperti minyak canola dan minyak safflower. Jika mungkin hindari mereka sepenuhnya. Perubahan pola makan bekerja dengan tingkat keberhasilan yang berbeda pada orang yang berbeda. Namun, dengan penurunan berat badan itu selalu bekerja dengan baik untuk kebanyakan orang.

2. Berat badan

Berat badan sangat penting untuk menurunkan kolesterol. Berat badan khusus di sekitar perut harus dikurangi. Jika kelebihan berat badan maka segera mulai membantu menurunkan LDL saat berat badan turun. Sangat penting bagi mereka yang memiliki trigliserida tinggi dan HDL rendah. Anda harus fokus untuk mengurangi lingkar pinggang. Sangat berbahaya untuk memiliki pinggang lebih dari 40 inci untuk pria dan lebih dari 35 inci untuk wanita.

3. Latihan

Latihan sangat penting karena meningkatkan kadar HDL, adalah kolesterol baik yang membunuh LDL (kolesterol jahat). Latihan juga membantu mengurangi berat badan dan lemak perut. Jadi, jika mengikuti TLC dengan baik maka tidak memerlukan obat apa pun untuk menurunkan kadar kolesterol.