Obat Alami Ini Bisa Mengatasi Puting yang Lecet Saat Menyusui

DokterSehat.Com – ASI adalah susu terbaik yang bisa diberikan pada sang buah hati. Dengan memberikan ASI eksklusif bagi bayi, maka mereka pun akan mendapatkan nutrisi yang akan mendukung kesehatan hingga perkembangan fisik dan mental bayi dengan maksimal. Hingga saat ini, belum ada susu lain yang mampu mengalahkan kebaikan dari ASI ini.

doktersehat-asi-ibu-menyusui-anak-cerdas

Melihat adanya fakta ini, kini semakin banyak ibu yang memberikan ASI Eksklusif bagi buah hatinya. Sayangnya, cukup banyak ibu yang menderita saat memberikan ASI ini karena putingnya lecet-lecet akibat dari kurang tepatnya cara menyusui ibu atau anak yang memang sedang ingin menggigit atau menarik puting payudara ibunya. Mengingat puting bisa terasa sakit akibat dari adanya lecet-lecet ini, ada baiknya ibu segera menggunakan obat alami ini untuk mengatasinya.

Tak disangka, obat alami yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah puting lecet pada ibu menyusui ternyata adalah ASI itu sendiri. Kita hanya perlu mengoleskan beberapa tetes ASI pada puting yang terkena lecet tersebut dan kemudian membiarkannya hingga mengering. Kandungan yang ada di dalam ASI ternyata memang mampu meredakan lecet-lecet tersebut.

Tak hanya menggunakan ASI, pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk mengompres puting payudara yang lecet dengan kantung teh yang masih hangat. Hal ini ternyata mampu meredakan rasa nyeri pada puting dan mencegah luka lain agar tidak muncul saat menyusui.

Demi mencegah datangnya kembali lecet-lecet saat menyusui, ada baiknya ibu mulai menata kembali posisi menyusuinya dengan benar agar bayi terasa nyaman dan tidak akan menggigit atau menghisap puting ibunya dengan terlalu keras. Tak hanya itu, pastikan untuk rutin memberikan ASI karena jika bayi sampai kelaparan, maka hisapannya akan menjadi terlalu keras dan membuat puting muda lecet.