Oatmeal, Makanan Yang Baik Untuk Masalah Kolesterol

DokterSehat.Com – Kolesterol jahat di dalam tubuh seringkali berkaitan dengan gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat. Kini, banyak dari kita yang mengkonsumsi makanan yang kaya kandungan lemak dan kolesterol jahat hampir setiap hari dengan alasan makanan-makanan ini cenderung lebih mudah dibuat dan enak untuk dimakan. Padahal, dengan mengkonsumsi makanan kaya lemak dan kolesterol, maka kita pun akan meningkatkan resiko terkena masalah kesehatan kardiovaskular. Untuk mengatasi hal ini, kita tentu harus lebih pandai dalam memilih makanan apa yang bisa dikonsumsi. Salah satu dari makanan yang baik untuk mengatasi masalah kolesterol adalah oatmeal.

doktersehat-oatmeal

Pakar kesehatan menyebutkan jika mengubah pola makan menjadi lebih sehat bisa menurunkan masalah kolesterol hingga 10 persen dan menurunkan resiko terkena penyakit jantung hingga 20 persen! Oatmeal sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh Badan Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) bagi mereka yang mendambakan jantung sehat. Hal ini dikarenakan oatmeal memiliki sifat yang unik sebagai makanan dimana oatmeal bisa menjadi busa penyerap berbagai zat berbahaya layaknya kolesterol dan kemudian akan ikut terbuang bersama kotoran saat buang air besar. Proses penyerapan kolesterol oleh oatmeal sendiri terjadi pada bagian empedu dimana organ tubuh inilah yang berfungsi utama sebagai pemecah nutrisi lemak dari makanan pertama kali. Hal ini berarti, kita bisa menjaga kantung empedu bersih dari berbagai kolesterol jahat dan akan membuat kadar kolesterol dalam darah menurun dengan signifikan.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 30 partisipan dimana dalam enam minggu partisipan ini mengkonsumsi 75 gram oatmeal dalam tiga kali sehari, kadar kolesterol mereka pun berangsur turun hingga 15 persen. Hanya saja, kita tentu akan mudah bosan jika harus mengkonsumsi oatmeal setiap hari. Pakar kesehatan pun menyarankan kita untuk menambahkan potongan buah segar, potongan kue kering, atau bahkan sedikit gula pada setiap konsumsi oatmeal setiap hari. Bagi penderita diabetes, oatmeal juga bisa menjadi konsumsi yang sehat dan aman karena tidak akan menaikkan kadar gula dalam darah. Dengan adanya berbagai kebaikan yang ditawarkan oatmeal pada tubuh kita, mengapa kita masih ragu lagi untuk mengkonsumsinya?