Nyeri Setelah Berhubungan Badan

Salam Dok, bagian V saya tiba-tiba sakit, nyeri dan timbul bintik merah bagian yang sakit dan perih setelah saya
berhubungan dengan suami saya. Tolong artikan itu apa? Dan bagaimana untuk menghilangkannya
karena saya takut sekali.  -ibu rumah tangga-



Jawab

Salam sehat

Secara umum, gatal di daerah kemaluan sangatlah banyak kemungkinan yang ada. Jika hanya gatal dan bintik merah dan disertai perih terutama setelah berhubungan berarti sudah terjadi luka pada bagian V saudari. Luka bisa saja karena garukan secara tidak sengaja.

Perlu dicari tahu tanda-tanda yang lebih mendalam. Penyebab gatal pada miss V yang paling sering adalah keputihan (candidosis vaginalis). Apakah miss V anda mengeluarkan lendir? Atau butiran seperti nasi? Jika ya, maka saudari kemungkinan mengalami keputihan disertai infeksi sekunder dan lecet.

Upaya yang saudari dapat lakukan saat ini bisa dengan menjaga kebersihan miss V dengan cara membersihkan miss V setelah buang air kecil, menjaga kebersihan pakaian dalam serta hindari penggunaan antiseptik berlebihan pada miss V. Penggunaan antiseptik yang berlebihan dapat mengganggu keseimbangan pH miss V anda. Karena ini menyangkut masalah pada miss V anda, saya sarankan agar berkonsultasi kepada dokter keluarga anda atau ke spesialis kulit dan kelamin. Semoga saran dari saya dapat membantu. Terima kasih.

Dr. Budiyanto
Team DokterSehat