Nyeri Sendi – Pengertian dan Gejala

Nyeri sendi adalah rasa sakit pada bagian tubuh yang menghubungkan tulang dengan tulang, menyebabkan pergerakan dan kualitas hidup Anda menjadi terganggu. Nyeri sendi bisa berlangsung singkat atau lama. Tingkat keparahan rasa sakitnya juga bervariasi, mulai dari ringan, menengah, hingga parah.

doktersehat-nyeri-sendi-gangguan-autoimun

Sendi membentuk hubungan antara tulang. Mereka memberikan dukungan dan membantu Anda bergerak. Setiap kerusakan pada sendi dari penyakit atau cedera dapat mengganggu gerakan Anda dan menyebabkan banyak rasa sakit.

Gejala
Banyak kondisi yang berbeda dapat menyebabkan nyeri sendi, antara lain osteoarthritis, rheumatoid arthritis, bursitis, asam urat, strain, sprain (keseleo), dan luka-luka lainnya. Nyeri sendi adalah sangat umum. Dalam satu survei nasional, sekitar sepertiga dari orang dewasa dilaporkan mengalami nyeri sendi dalam 30 hari terakhir. Nyeri lutut adalah keluhan yang paling umum, diikuti oleh nyeri pinggul. Tetapi nyeri sendi dapat mempengaruhi setiap bagian dari tubuh Anda, dari ankles dan kaki untuk bahu dan tangan. Ketika anda beranjak tua, nyeri sendi menjadi semakin lebih umum.

Nyeri sendi dapat berkisar dari iritasi ringan sampai dengan ketidakmampuan menggerakkan sendi. Nyeri dapat hilang setelah beberapa minggu (akut), atau terakhir selama beberapa minggu atau bulan (kronik). Bahkan rasa sakit jangka pendek dan bengkak pada sendi dapat mempengaruhi kualitas hidup Anda. Apapun penyebab nyeri sendi, Anda biasanya dapat mengelolanya dengan obat-obatan, terapi fisik, atau pengobatan alternatif.

Dokter Anda akan mencoba untuk mendiagnosis dan mengobati kondisi yang menyebabkan nyeri sendi Anda. Tujuannya adalah untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan, dan menjaga fungsi sendi.