Nyeri Punggung Ternyata Bisa Memicu Kelumpuhan Jika Diabaikan

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kesehatan yang cukup banyak menyerang orang dewasa adalah nyeri punggung atau nyeri pinggang. Kedua masalah kesehatan ini bisa disebabkan oleh banyak hal, dari yang berupa kebiasaan duduk di waktu yang lama di tempat kerja, hingga kerap berada dalam postur tubuh yang tidak benar. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika penyakit yang cukup banyak diderita orang dewasa ini bisa membuat rasa tidak nyaman pada tubuh dan jika diabaikan, dikhawatirkan bisa menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius layaknya kelumpuhan.

doktersehat-sakit-pinggang-punggung-kerja-hernia-kerja-duduk

Dokter spesialis bedah saraf bernama Subrady Leo berkata bahwa penyebab utama dari munculnya nyeri punggung dan nyeri pinggang adalah otot yang digunakan terlalu keras saat bekerja. Rasa nyeri yang disebabkan oleh masalah kesehatan ini juga bisa dibagi menjadi dua jenis; yang pertama adalah rasa pegal dan sensasi layaknya terbentur dan rasa nyeri yang bersifat struktural. Yang perlu kita waspadai adalah rasa nyeri yang bersifat struktural ini.

Jika nyeri pegal-pegal bisa diobati dengan pemijatan, istirahat, kompres dingin, atau bahkan pengobatan infra merah, maka nyeri bersifat struktural biasanya disebabkan oleh masalah saraf terkepit atau adanya tulang yang keropos. Selain itu, ada pula kemungkinan munculnya tumor pada saraf atau pada sum-sum tulang belakang yang tentu harus kita waspadai karena jika tidak ditangani dengan benar, yang terjadi adalah nyeri pinggang ini bisa memicu kelumpuhan.

Jika nyeri pada punggung dan pinggang ini dipicu oleh saraf terjepit, maka penderitanya bisa melakukan fisioterapi untuk mencari sekaligus mengobati bagian mana yang terasa nyeri. Namun, jika cara ini tidak berhasil menemukan penyebab dari rasa nyeri ini, maka dokter biasanya akan melakukan suntikan obat anti nyeri atau bahkan pembedahan saraf.