Nyeri Punggung Bisa Dicegah Dengan Olahraga Jalan Kaki

DokterSehat.Com – Beberapa orang mengeluhkan punggungya terasa nyeri, khususnya bagi mereka yang kerap melakukan pekerjaan dengan posisi duduk dalam waktu yang sangat lama. Nyeri punggung bisa mengganggu produktifitas kerja kita dengan sangat signifikan. Bahkan, suasana hati juga akan mengalami penurunan. Untuk mencegah masalah ini agar tidak terjadi, pakar kesehatan menyarankan kita untuk lebih banyak melakukan aktifitas fisik layaknya berjalan kaki.

shutterstock_245827459 copy

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Tel Aviv di Israel menunjukkan fakta bahwa nyeri punggung bisa secara efektif diturunkan resikonya jika kita berjalan kaki dengan rutin. Bahkan berjalan kaki ini memiliki keefektifan yang setara layaknya olahraga yang melibatkan peregangan otot. Penelitian yang melibatkan 52 partisipan yang menderita masalah nyeri punggung ini membagi partisipan menjadi dua kelompok; mereka yang rutin berjalan kaki dengan mereka yang rutin melatih kekuatan dan beban. Semua partisipan dari kedua belah kelompok akan rutin melakukan kegiatan olahraganya dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Setelah diamati selama enam minggu, partisipan penelitian kemudian diteliti dan menunjukan fakta dimana masalah nyeri punggung bisa berkurang secara signfikan, khususnya bagi mereka yang rutin melakukan olahraga berjalan kaki pada treadmill selama 20 menit dan kemudian melakukannya dengan durasi waktu dua kali lipat di lain waktu. Hal yang sama juga berlaku pada peserta yang melakukan latihan kekuatan dan beban, dimana masalah nyeri punggungnya juga relatif berkurang dengan signifikan.

Pakar bedah ortopedi dari American Academy of Orthopaedic Surgeon, Nick Shamie, menuturkan bahwa olahraga berjalan kaki memang tidak memberikan dampak penguatan yang lebih spesifik layaknya jika kita melakukan latihan beban. Namun, dampak positif bagi tubuh, khususnya bagi masalah nyeri punggung relatif sama. Dengan rutin berjalan kaki, kita bisa meningkatkan hormon endorfin dan juga memperlancar sirkulasi darah. Hal ini bisa secara efektif menurunkan resiko terkena masalah nyeri punggung.