Nyeri Pinggang Bawah

DokterSehat.com – Nyeri pinggang bawah pastinya akan mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Berbagai faktor bisa menyebabkan nyeri pinggang bagian bawah yang sebagian besar kasusnya terjadi pada segmen tulang pinggang.



Gangguan pada pinggang ini bisa dialami siapa saja, tanpa melihat umur dan jenis kelamin. Sekitar 60-80% dari seluruh penduduk dunia paling tidak pernah mengalami satu kali nyeri pinggang selama hidupnya.

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Persatuan Dokter Spesialis Saraf Indonesia diketahui bahwa gangguan nyeri pinggang ini paling sering dialami pada umur 40 tahun hingga 50 tahun. Namun, bisa juga dialami remaja atau orang dewasa muda akibat cedera atau kesalahan menggerakkan pinggang, melakukan gerakan mendadak seperti bersin, tekanan kuat dan kasar.

Nyeri pinggang bawah hanya merupakan suatu gejala, yang lebih penting adalah mengetahui faktor penyebabnya untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Tanda bahaya dari gangguan ini, antara lain:

  • Gangguan buang air besar dan air kecil
  • Gangguan seksual
  • Nyeri menjalar ke bokong
  • Selangkangan terasa baal

Tanda bahaya untuk gangguan ini adalah adanya tanda-tanda keganasan, berat badan turun tanpa sebab, serta muncul rasa sangat nyeri hingga Anda terbagun di malam hari. Bila seseorang memiliki penyakit sistemik maka meskipun sudah istirahat, tetap akan terasa nyeri. Perlu diwaspadai pula adanya infeksi spinal yang disertai demam. Segera konsultasikan kondisi Anda jika terjadi gejala-gejala ini. Untuk nyeri pinggang bawah yang ringan maka bisa dilakukan latihan-latihan yang dapat meredakan gangguan ini.