Nyeri Pada Payudara

DokterSehat.Com – Rasa sakit pada payudara, dapat disebabkan oleh perubahan hormon bulanan normal dalam. nyeri ini biasanya terjadi di kedua payudara. Perasaan berat atau nyeri yang meluas ke ketiak dan lengan.



nonsiklik nyeri paling sering terjadi pada wanita berusia 30-50 tahun. hanya terjadi pada satu payudara. Merasa tajam, nyeri terbakar yang terjadi di satu daerah payudara. Kadang-kadang, sakit nonsiklik mungkin disebabkan oleh fibroadenoma atau kista. Jika penyebab sakit nonsiklik dapat diidentifikasi, Mengobati penyebabnya mungkin dapat menghilangkan rasa sakit.

Nyeri payudara bisa menjadi lebih buruk dengan perubahan kadar hormon atau perubahan obat yang kita pakai. Stres juga dapat mempengaruhi nyeri payudara. Anda lebih cenderung memiliki rasa sakit payudara sebelum menopause daripada setelah menopause.

Apakah nyeri payudara berarti kanker payudara?

Nyeri di payudara sakit bukan gejala umum kanker payudara. Namun, kadang-kadang terdapat benjolan yang disebabkan oleh kanker payudara.

Apa yang harus dilakukan untuk menghilangkan rasa sakit payudara?

Dengan menggunakan obat-obatan nonprescription seperti :

  • Acetaminophen, seperti Tylenol atau Panadol.
  • Non obat anti-inflamasi-steroid (NSAID), seperti ibuprofen (Advil atau Motrin), naproxen (Aleve atau naprosyn), atau aspirin (anacin, Bayer).

    Jika Anda sedang hamil atau mencoba untuk hamil, mintalah saran dokter Anda sebelum menggunakan obat apapun. Jangan minum aspirin jika Anda lebih muda dari 20 karena resiko Sindrom Reye.

    Danazol, bromocriptine, dan sitrat tamoxifen adalah obat yang dipakai untuk pengobatan nyeri payudara siklus parah. Obat ini jarang digunakan karena mereka memiliki efek samping.

  • Menggunakan pil KB, ini dapat membantu mengurangi nyeri payudara siklik dan payudara bengkak sebelum periode. Tapi rasa sakit payudara juga dikenal sebagai efek samping dari pil KB. Tetapi jangan terlalu sering menggunakan pil KB, karena dapat menyebabkan kanker payudara.
  • Magnesium suplemen diambil di paruh kedua siklus haid, mengurangi nyeri payudara siklik dan gejala pramenstruasi lainnya.
  • Mengurangi lemak makanan hingga 15% atau kurang dari asupan makanan Anda cenderung akan mengurangi rasa sakit payudara dari waktu ke waktu.

Bagaimana menghindari rasa sakit payudara?

Dengan menggunakan bra olahraga akan sangat banyak membantu Anda.