Nyeri Pada Leher? Ini Dia Penyebabnya

DokterSehat.Com – Salah satu bagian tubuh yang kerap mengalami nyeri adalah bagian leher. Seringkali, rasa nyeri pada leher ini terjadi saat kita merasakan kelelahan saat bekerja atau bahkan setelah melakukan pekerjaan yang jauh. Selain itu, jika kita berada dalam postur tubuh yang cenderung buruk maka nyeri pada leher akan terasa sangat menyakitkan, apalagi jika kita juga merasakan stress yang berlebihan, maka nyeri pada leher pun akan teras lebih aprah.

doktersehat-sakit-wanita-leher-lelah-pundak-text-neck-main-ponsel

Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika ada beberapa hal yang akan menyebabkan rasa sakit pada leher. Sebagai contoh, kita ternyata mengalami ketegangan pada otot leher. Postur tubuh yang salah atau kondisi tubuh yang duduk terlalu lama layaknya saat kita bekerja seharian di depan komputer atau menyetir kendaraan jarak jauh bisa memicu hal ini. Selain itu, ada juga kemungkinan masalah yang disebut fibromyalgia yang merupakan kondisi kronis pada beberapa bagian otot dan persendian di belakang leher.

Kita harus mewaspadai nyeri leher yang disebabkan oleh masalah pada tulang belakang kita. Dalam beberapa kasus, nyeri leher ternyata bisa menjadi tanda akan kanker tulang belakang, penyempitan tulang belakang, atau bahkan penyakit cakram degeneratif. Selain itu, nyeri pada leher juga bisa terjadi karena cedera saat berolahraga atau bahkan karena kecelakaan yang akan memicu shiplash atau cedera yang terjadi pada jaringan lunak pada leher.

Nyeri leher juga dikenal luas sebagai penyakit yang banyak diderita oleh orang tua. Banyak orang yang menyebutkan jika nyeri leher adalah salah satu efek kesehatan yang akan diderita oleh orang tua yang menderita osteoporosis, sebuah penyakit yang akan membuat tulang menjadi lebih lemah dan lebih rapuh. Osteoporosis ternyata juga bisa memicu rasa kaku dan nyeri pada leher. Selain itu, ada juga kemungkinan nyeri pada leher ini disebabkan oleh penyakit saraf kejepit yang tentu harus segera ditangani karena cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh.