Nyeri Otot Tanda Kolesterol Tinggi?

DokterSehat.Com– Meskipun memiliki reputasi yang buruk bagi kesehatan tubuh, kolesterol sebenarnya memiliki peranan penting bagi kesehatan tubuh. Hanya saja, jika jumlahnya di dalam tubuh tidak seimbang atau berlebihan, maka kita pun akan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung atau stroke.

doktersehat-nyeri-otot-nyeri-dada

Salah satu tanda kadar kolesterol tinggi pada tubuh adalah kerapnya mengalami masalah nyeri otot. Belum jelas bagaimana kaitan antara kolesterol tinggi dengan adanya nyeri otot ini. Namun, pakar kesehatan menduga jika penumpukan kolesterol ternyata tidak hanya ada pada pembuluh darah saja, melainkan juga pada otot. Adanya kolesterol jahat pada otot ini bisa memicu peradangan yang akhirnya mengubah struktur otot dan tendon sehingga menyebabkan nyeri otot.

Dalam sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul British Journal of Sports Medicine, disebutkan bahwa orang yang memiliki masalah kolesterol tinggi cenderung lebih sering mengalami kerusakan pada otot dan tendon jika dibandingkan dengan orang yang memiliki kadar kolesterol normal. Selain penderita kolesterol tinggi, mereka yang mengalami masalah obesitas juga cukup rentan terkena cedera otot.

Hanya saja, bukan berarti jika masalah nyeri otot yang sedang menimpa kita adalah pasti tanda dari kolesterol tinggi. Ada penyebab lain yang bisa menyebabkan masalah kesehatan ini seperti kelelahan akibat aktifitas fisik yang berlebihan, postur tubuh yang tidak benar, cedera, dan penyebab lainnya.

Jika anda penasaran dengan munculnya nyeri otot yang muncul tanpa alasan yang jelas sehingga curiga dengan kadar kolesterol dalam tubuh, ada baiknya segera memeriksakan hal ini pada laboratorium. Jika memang penyebabnya adalah kolesterol, segeralah berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan obat yang tepat dan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.