Nyeri Menelan? Awas Gejala Kanker Lidah

DokterSehat.Com – Penyakit kanker lidah termasuk dalam sepuluh jenis kanker yang berbahaya dan paling banyak diderita. Selain rokok, alkohol, dan kebersihan rongga mulut yang tidak terjaga dengan baik, rupanya kanker lidah juga bisa disebabkan goresan pada lidah oleh gigi berlubang atau potongan gigi yang tajam. Sehingga, bukan tidak mungkin wanita dan anak-anak pun bisa terjangkit kanker lidah ini.



Penyakit kanker lidah ternyata juga dapat menyerang bayi, kebersihan puting susu ibu saat menyusui bayi yang kurang diperhatikan menjadi penyebab timbulnya sel kanker pada lidah bayi. Pada usia lanjut, penyakit kanker lidah biasanya disebabkan oleh pemakaian gigi palsu yang tidak pas. Pemakaian gigi palsu yang tidak sesuai ini mengakibatkan lidah jadi sering tergores, dan hal itulah yang dapat membuat sel-sel kanker pada lidah terangsang. Rupanya penyakit kanker lidah ini bisa disebabkan oleh rokok hingga gigi palsu.

Penyebab kanker lidah sangat banyak. Semua kanker lidah jatuh dalam kelompok besar kanker biasa disebut kanker kepala dan leher. Jika kanker lidah adalah di bagian dua pertiga depan lidah, jatuh dalam subkelompok kanker mulut. Dan, jika terutama di pangkal lidah, yang di tenggorokan, maka itu dianggap sebagai jenis kanker orofaringeal.

Kanker mulut adalah kanker dalam setiap bagian dari ruang lisan, dan termasuk bibir, pipi, langit-langit, lantai mulut, atau bagian depan dua-pertiga, bagian yang bergerak bebas lidah. Kanker termasuk kanker oropharyngeal yang terjadi di amandel, tenggorokan atau pangkal lidah.

Lidah adalah organ otot khusus yang menyediakan beberapa fungsi. Ini membantu kita dalam mengunyah makanan, membantu kita dalam menelan makanan dikunyah, dan sangat penting untuk berbicara. Lidah juga membantu untuk memindahkan air liur di sekitar rongga mulut, dan menjaga gigi bersih. Bagian depan bebas bergerak lidah melekat ke lantai ruang lisan oleh struktur yang fleksibel disebut frenum. Dan pangkal lidah, yang di bagian atas tenggorokan, adalah tetap dengan tulang yang disebut tulang hyoid. Jika kanker lidah di dasar lidah bermetastasis, dapat meluas ke tulang hyoid sendiri, mempersulit pengobatan dan pemulihan.

Baca Juga:  Guratan Hitam di Leher Pertanda Diabetes

Permukaan lidah tampak merah muda-coklat, ditutupi oleh lapisan sel mukosa, dan kasar dalam penampilan. Penampilan kasar berasal dari adanya struktur bergelombang kecil di seluruh permukaan lidah yang disebut papila. Selain itu, pasokan yang kaya saraf terhubung ke rasa hanya di bawah permukaan. rasa didistribusikan di seluruh permukaan lidah. Setiap bagian dari lidah memiliki rasa seperti garam, manis, pahit dan asam.

Beberapa pemicu pertumbuhan kanker di lidah antara lain :

  1. Merokok dan mengunyah tembakau.
    Ini dapat memicu berkembangnya pada sel skuamosa ditemukan pada permukaan lidah.
  1. Penyalahgunaan alcohol
    Ini  juga bertanggung jawab untuk memicu kanker lidah. Kemungkinan seseorang mulai terpengaruh jika ada anggota keluarganya telah memiliki kejadian kanker lidah yang cukup tinggi.

Gejala awal kanker lidah yang harus diwaspadai :

  • Benjolan yang terdapat di lidah.
  • Lidah terasa terbakar.
  • Mudah berdarah.
  • Nyeri yang menjalar ketelinga.
  • Nyeri saat menelan.
  • Sulit menelan makanan.
  • Kesulitan untuk membuka mulut (trismus).
  • Pembesaran kelenjar leher.

Gejala kanker lidah harus ditanggapi dengan serius, untuk itu apabila anda mengalami gejala seperti yang ada pada di atas sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk di tangani lebih lanjut lagi.