Nyeri Lutut – Osteoartritis, Rheumatoid Arthritis, dan Kristal Arthritis

Nyeri lutut adalah keluhan di area lutut yang meliputi otot, saraf, maupun tulang yang paling sering yang membawa seseorang ke dokter. Selain cedera dan dislokasi, terdapat tipe nyeri lutut lainnya yaitu nyeri lutut kronis. Arthritis lutut adalah gangguan inflamasi sendi lutut yang seringkali menyakitkan. Arthritis memiliki banyak penyebab.

doktersehat-nyeri-lutut-arthritis-asam-urat

Osteoartritis lutut

  • Keterangan: Osteoarthritis (OA) disebabkan oleh degenerasi tulang rawan di lutut. Dalam bentuk ekstrim, meniskus (tulang rawan) akan benar-benar terkikis, dan tulang paha akan menggosok pada tibia (salah satu tulang tungkai bawah), sehingga tulang pada tulang bersentuhan.
  • Gejala: Osteoarthritis menyebabkan lutut mengalami nyeri kronis yang sering menyakitkan dengan aktivitas.
  • Pengobatan: Pengobatan ditujukan untuk mengontrol rasa sakit dengan penghilang rasa sakit. Obat anti-inflamasi, baik yang bebas dibeli di apotek, atau dengan resep dokter Anda, juga cukup membantu. Asam hialuronat, suatu gel pelumas, sering disuntikkan ke lutut selama 3-6 minggu, yang dapat memberikan bantuan yang cukup untuk 1 tahun lebih. OA parah dapat diobati dengan obat nyeri narkotik atau operasi penggantian sendi lutut di mana sendi sintetis menggantikan sendi lutut Anda.

Rheumatoid arthritis lutut

  • Keterangan: Rheumatoid arthritis (RA) adalah penyakit jaringan ikat dari seluruh tubuh yang mempengaruhi banyak sendi sering termasuk lutut. Orang yang memiliki penyakit ini sering memiliki anggota keluarga yang menderita penyakit ini juga.
  • Gejala: Selain nyeri lutut, rheumatoid arthritis dapat menghasilkan kekakuan di pagi hari dan nyeri di sendi lain.
  • Pengobatan: Pengobatan termasuk obat nyeri, obat anti-inflamasi, dan obat yang diresepkan (seperti Rheumatrex (methotrexate)) yang bertujuan untuk memperlambat perkembangan penyakit.

Kristal arthritis (gout dan pseudogout)

  • Keterangan: Merupakan bentuk arthritis yang sangat nyeri yang disebabkan oleh kristal tajam yang terbentuk di lutut dan sendi lainnya. Kristal ini dapat terbentuk sebagai akibat dari cacat dalam penyerapan atau metabolisme berbagai zat alami seperti asam urat (yang memproduksi gout) dan kalsium pirofosfat (pseudogout).
  • Pengobatan: Pengobatan ditujukan untuk mengendalikan peradangan dengan obat anti-inflamasi, dan membantu metabolisme berbagai bahan kimia yang dapat menyebabkan pembentukan kristal.