Nyeri Lutut – Lutut Pelompat, Osgood-Schlatter, dan Sindrom Ikatan Iliotibial

Tipe nyeri lutut kronis lainnya adalah Lutut Pelompat, Osgood-Schlatter, dan Sindrom Ikatan Iliotibial.

doktersehat-lutut

Lutut pelompat

  • Keterangan: Tendonitis (radang tendon) dari tendon quadriceps pada titik atas dari patela, di mana otot quadriceps disisipkan, atau tendonitis dari tendon patela baik pada titik bawah patela, atau di tempat di mana otot tersisip pada tulang tibia (disebut tuberositas tibia, benjolan sekitar 5 cm di bawah lutut di sisi depan), disebut lutut pelompatini. Lutut pelompat dinamakan demikian karena biasanya terlihat pada pemain basket, pemain voli, dan orang-orang melakukan olahraga melompat lainnya.
  • Gejala: Penyebab lutut pelompat ini terlokalisasi sakit yang lebih buruk dengan aktivitas. Biasanya nyeri lebih karena Anda melompat daripada ketika Anda mendarat karena melompat menempatkan lebih banyak tekanan pada tendon lutut.
  • Pengobatan: Terapi rumah dengan regimen PRICE bersama-sama dengan obat anti-inflamasi adalah dasar dari pengobatan untuk mengelola fase akut. Terutama penting adalah istirahat, es, dan obat-obatan NSAID, yang akan membantu menghentikan rasa sakit dan memutus siklus peradangan. Setelah mengontrol rasa sakit, Anda harus perlahan-lahan memulai rejimen latihan untuk memperkuat paha depan, paha belakang, pinggul, dan otot kaki sebelum melanjutkan olahraga beberapa minggu ke depan. Juga, menguatkan dari mekanisme ekstensor dapat membantu menghilangkan stres dari tendon.

Penyakit Osgood-Schlatter

  • Keterangan: Penyakit Osgood-Schlatter terjadi pada atlet remaja di mana ekstensi berulang dari lutut menyebabkan peradangan dan cedera dari tuberkulum tibialis (tonjolan tulang di bagian atas tulang kering, tepat di bawah tempurung lutut).
  • Gejala: Anak-anak yang menderita sindrom ini melaporkan nyeri pada tuberkulum tibialis. Nyeri ini biasanya lebih buruk ketika melakukan ekstensi kaki (meluruskan kaki). Tuberkulum tibialis lembut ketika disentuh dan dari waktu ke waktu mulai menonjol karena peradangan kronis merangsang tulang untuk tumbuh.
  • Pengobatan: Penyakit Osgood-Schlatter adalah kondisi diri terbatas yang biasanya reda ketika tuberkulum tibialis berhenti tumbuh dengan akhir masa remaja (pada usia 17 tahun pada laki-laki dan usia 15 tahun pada wanita). Perawatan termasuk PRICE dan obat-obatan NSAID untuk meminimalkan nyeri akut karena aktivitas. Terapi fisik untuk mengidentifikasi keerbatasan akan mengurangi tekanan kepada tuberkulum tibialis dan sering mencakup pelatihan kekuatan pinggul. Pada kasus yang parah, splinting lutut selama beberapa minggu dapat membantu mengurangi rasa sakit dan menghentikan siklus peradangan.
Baca Juga:  Jantung Bocor - Gejala dan Regurgitasi Katup Mitral

Sindrom ikatan iliotibial

  • Keterangan: Ligamen berserat, disebut band iliotibial, memanjang dari luar tulang panggul ke luar tibia. Ketika ligamen ini menegang, ligamen dapat bergesekan bagian terluar bawah tulang paha (kondilus femoralis lateral).
  • Gejala: Pelari biasanya menderita kondisi ini. pelari mengeluh sakit lutut luar biasanya pada kondilus femoral lateral. Awalnya, rasa sakit akan datang 10 menit sampai 15 menit ketika berlari dan membaik dengan istirahat.
  • Pengobatan: Aspek yang paling penting dari mengobati sindrom band iliotibial adalah untuk meregangkan band iliotibial. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah untuk menempatkan kaki kanan di belakang kaki kiri sambil berdiri dengan sisi kiri Anda sekitar 60 – 90 cm kaki dari dinding. Kemudian, bersandar ke arah kiri selama 20 sampai 30 detik menggunakan dinding untuk membantu Anda mendukung diri sendiri. Selain peregangan band iliotibial, terapi PRICE dan NSAID dapat memberi beberapa bantuan.