Nyeri Lutut – Cedera Meniskus dan Dislokasi

Nyeri lutut akut lainnya adalah cedera meniskus, dislokasi lutut, dan dislokasi tempurung lutut.

doktersehat-amputasi

Cedera meniskus

  • Keterangan: Cedera meniskus biasanya cedera karena kecelakaan, tetapi juga bisa karena terlalu banyak menggunakan lutut. Seringkali, sepotong meniskus akan robek dan mengambang di sendi lutut.
  • Gejala: luka meniskus dapat menyebabkan lutut terkunci pada posisi tertentu, sehingga menimbulkan bunyi klik bila digerakkan. Pembengkakan biasanya menyertai gejala ini meskipun pembengkakan jauh lebih ringan daripada dengan cedera ACL.
  • Pengobatan: Cedera meniskus sering membutuhkan perbaikan bedah arthroscopic. Penguncian harus dievaluasi untuk perbaikan arthroscopic.

Dislokasi lutut

  • Keterangan: Dislokasi Lutut adalah keadaan darurat ekstremitas mengancam jiwa. Ini juga merupakan cedera yang langka terjadi. Dislokasi lutut disebabkan oleh pukulan yang sangat kuat untuk lutut. Kaki bagian bawah menjadi benar-benar regang dengan kaitannya dengan kaki bagian atas. Kondisi ini membuat kaki tertarik dan robekan tidak hanya ligamen lutut tetapi juga arteri dan saraf. Cedera arteri yang tidak diobati menyebabkan kaki bagian bawah tanpa suplai darah. Jika sirkulasi aliran darah tidak dipulihkan, amputasi dapat diperlukan. Cedera saraf, di sisi lain, dapat menyebabkan kaki bagian bawah tidak perlu diamputasi tetapi tanpa kekuatan atau tidak dapat merasakan sensasi apapun.
  • Gejala: Dislokasi lutut yang parah menyakitkan dan menghasilkan deformitas (kelainan bentuk) lutut. Dislokasi dapat diatasi- atau dilakukan tindakan untuk mengembalikan kaki ke dalam anatomi semula. Ketika hal ini dilakukan, banyak orang akan melaporkan suara bising.
  • Pengobatan: Jika dislokasi lutut belum dimasukkan kembali ke tempatnya sendiri, dokter akan segera mengurangi dislokasi. Perawatan medis, bagaimanapun, tidak berhenti di sini. Apakah dislokasi berkurang dengan sendirinya atau dimasukkan kembali ke tempatnya di rumah sakit, memerlukan evaluasi dan perawatan lebih lanjut. Setelah pengurangan dislokasi, orang-orang dengan cedera ini diamati di rumah sakit tempat mereka biasanya melakukan sejumlah tes untuk memastikan bahwa tidak ada cedera arteri atau cedera saraf yang telah terjadi. Jika cedera arteri atau saraf ditemukan, maka harus segera diperbaiki di ruang operasi.
Baca Juga:  Kanker Vagina (1)

Dislokasi tempurung lutut (patela)

  • Keterangan: Cedera yang disebabkan oleh trauma langsung atau penegakan yang terlalu kuat dari kaki, seperti cedera yang terjadi ketika melakukan gerakan “serve” voli atau tenis. Dislokasi tempurung lutut lebih sering terjadi pada wanita, pasien obesitas, dan pada mereka dengan tempurung lutut yang tinggi.
  • Gejala: Jika Anda memiliki cedera ini, Anda akan melihat patela berada di luar tempat dan mungkin mengalami kesulitan meregangkan atau mengekstensikan tungkai.
  • Pengobatan: Dokter akan menggerakkan patela kembali ke tempat (mengurangi dislokasi). Bahkan jika patela kembali ke tempatnya dengan sendirinya, perlu dirontgen untuk patah tulang. Setelah mengurangi dislokasi patela dan memastikan tidak adanya patah tulang, para dokter akan mengobati luka tersebut dengan splinting lutut untuk memungkinkan jaringan lunak di sekitar patela untuk menyembuhkan diikuti dengan memperkuat latihan untuk menjaga patela agar kembali ke posisi anatomis normal. Cedera ini sering menyebabkan kerusakan pada tulang rawan di bagian belakang patela.