Nyeri Kecetit Pinggang

DokterSehat.Com – Dalam bahasa medis, nyeri kecetit pada pinggang disebut Spondilosis Lumbal. Spondilosis Lumbal diawali dengan bertambahnya usia seseorang, tulang belakang khususnya bagian pinggang perlahan-lahan akan mengalami proses degenerasi. Proses degenerasi diikuti dengan gangguan stabilitas tulang pinggang, struktur ligamen yang menebal, pengapuran tulang pinggang, dan penebalan sendi yang dapat menyebabkan penyempitan rongga sumsum saraf. Proses degenerasi ini akan berjalan perlahan dalam waktu bertahun-tahun lamanya hingga memunculkan gejala-gejala nyeri yang sangat mengganggu sampai kelemahan di kaki.

doktersehat-sakit-pinggang-punggung-kerja-hernia

Apa saja keluhan yang dapat muncul?

Biasanya pasien datang ke dokter dengan berbagai keluhan di bawah ini:

  1. Nyeri pinggang bawah
  2. Nyeri menjalar di sepanjang kaki hingga telapak kaki, disertai rasa tebal dan kesemutan serta kesulitan untuk menggerakkan kaki
  3. Rasa berat dan lemas pada kaki saat berjalan agak jauh
  4. Kadang merasa dingin dan tumpul di ujung kaki, kelumpuhan kaki dan tidak mampu berjalan bila makin berat
  5. Gangguan fungsi seksual, gangguan buang air kecil dan buang air besar

Bagaimana cara memastikan diagnosa Spondilosis Lumbal?

Dengan pemeriksaan lengkap dengan bantuan MRI 3 dimensi, kemudian dianalisa di komputer untuk memastikan diagnosa dan menentukan perlu dan tidaknya operasi.

Apakah Spondilosis Lumbal perlu dioperasi?

Tidak semua spondilosis lumbal dilakukan operasi. Perlu atau tidaknya operasi tergantung dengan beberapa pertimbangan, yaitu seberapa beratkah keluhan yang dirasakan, jenis gejala dan keluhannya, dan seberapa berat penjepitan sumsum saraf dari hasil foto MRI. Apabila keluhannya tidak berat dan tidak ditemukan kelainan yang membahayakan sumsum saraf maka dianjurkan untuk fisioterapi, obat antiradang, dan olahraga yang baik. Bila penekanan berat pada sumsum tulang, kelemahan kaki, serta tidak dapat mengontrol buang air besar dan kecil maka perlu dilakukan operasi untuk menghindari kecacatan permanen.

Baca Juga:  Mengapa Tertawa Bikin Anda Lebih Sehat?

Semoga bermanfaat

Sumber : http://spine-care.co/spondilosis-lumbal/