Nyeri Karena Tonsilitis? Obati Dengan 5 Bahan Alami Ini

DokterSehat.Com – Amandel atau tonsil merupakan kumpulan jaringan limfoid yang terletak pada kerongkongan di belakang kedua ujung lipatan belakang mulut. Tonsil berfungsi mencegah agar infeksi tidak menyebar ke seluruh tubuh dengan cara menahan kuman memasuki tubuh melalui mulut, hidung, dan kerongkongan, oleh karena itu tidak jarang tonsil mengalami peradangan. Peradangan pada tonsil disebut dengan tonsilitis, penyakit ini merupakan salah satu gangguan THT (Telinga Hidung & Tenggorokan). Tonsilitis dapat bersifat akut atau kronis. Bentuk akut yang tidak parah biasanya berlangsung sekitar 4-6 hari, dan umumnya menyerang anak-anak pada usia 5-10 tahun. Sedangkan radang amandel atau tonsil yang kronis terjadi secara berulang-ulang dan berlangsung lama.



Seringkali tonsilitis terjadi pada anak-anak, namun tidak jarang pula orang dewasa mengalaminya dan punya kecenderungan untuk kambuh lagi saat imun sedang tidak baik atau tubuh sedang tidak fit. Radang amandel ini bisa berubah parah hingga perlu dioperasi. Oleh karena itu, untuk menghindari hal itu, akan lebih baik jika Anda mengobatinya dengan bahan alami yang mudah didapat.

Berikut beberapa bahan alami untuk mencegah tonsilitis :

  • Air garam
    Seperti halnya sakit gigi, Anda juga bisa meringankan nyeri dengan minum dan berkumur air garam. Cukup campur garam dengan air hangat dan kumur atau minum sedikit. Garam memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat membuat mati rasa sementara.
  • Sari cuka apel
    Cuka apel memang salah satu minuman kesehatan yang baik dalam meredakan infalamasi atau radang, termasuk tonsilitis. Cukup seduh cuka apel dengan air hangat secukupnya dan minum 2-3 kali sehari. Namun Anda juga perlu hati-hati karena beberapa produk mungkin memiliki kandungan gula yang terlalu banyak.
  • Propolis lebah
    Propolis lebah merupakan pengobatan alami yang paling efektif mengobati berbagai penyakit, termasuk tonsilitis. Propolis sendiri merupakan zat yang dikumpulkan lebah untuk makanan dan biasanya dijual dalam bentuk botol tetes. Anda bisa langsung meneteskannya ke dalam mulut dekat amandel atau diseduh dengan sedikit air dan minum sehari sekali.
  • Teh herbal
    Teh herbal juga sangat baik mengurangi radang yang Anda derita. Anda bisa memilih berbagai teh seperti teh hijau, teh camomile atau teh putih untuk mengobati radang amandel ini. Bahkan jika Anda suka, Anda bisa menyeduh jahe. Meskipun terasa agak pedas, namun sangat efektif meredakan radang karena bersifat anti-inflamasi, dan antibakteri.
  • Jus lemon atau jeruk nipis
    Vitamin juga sangat dibutuhkan tubuh untuk memperkuat sistem imun, dan jeruk lemon atau jeruk nipis adalah pilihan yang tepat. Minum perasan jeruk ini sekaligus juga akan meredakan radang. Jika Anda ingin tidak terlalu asam, bisa ditambah madu asli.
Baca Juga:  Kejang Demam Pada Anak

Nah, itu dia beberapa pengobatan alami untuk tonsilitis atau radang amandel yang bisa diterapkan di rumah.