Nyeri Dada Tanda Angin Duduk Atau Serangan Jantung?

DokterSehat.Com – Banyak orang yang mengalami ketakutan saat mengalami rasa nyeri pada dadanya, apalagi jika yang nyeri adalah dada sebelah kiri yang merupakan tempat jantung bersemayam. Nyeri pada dada sebelah kiri sering kali dikaitkan dengan gejala dari penyakit jantung yang menyakitkan. Serangan jantung sendiri adalah salah satu penyakit paling mematikan di dunia dan serangannya hampir tidak bisa dideteksi sama sekali. Namun, nyeri pada dada ternyata juga tidak selalu menjadi tanda penyakit jantung mengingat penyakit angin duduk juga bisa memberikan gejala seperti ini. Bagaimanakah cara membedakan gejala kedua penyakit ini?

doktersehat-angin-duduk-angina

Angin duduk sendiri ternyata juga termasuk dari kondisi kesehatan yang berkaitan dengan penyakit jantung koroner. Otot-otot jantung akan kekurangan suplai darah dan oksigen karena adanya penyempitan pembuluh darah arteri sehingga menyebabkan rasa nyeri pada area dada. Biasanya, penyakit angin duduk bisa dikenali dengan nyeri pada dada namun terdapat pada bagian tengah. Selain itu, dada juga adanya rasa kaku dan tidak nyaman pada area leher, bahu, rahang, dan juga punggung. Hanya saja, gejala nyeri dada pada penyakit angin duduk biasanya akan berangsur-angsur menghilang dan kembali stabil.

Berbeda dengan angin duduk, nyeri pada dada yang menandakan adanya penyakit jantung biasanya akan cepat dan pergi dengan cepat. Dada juga akan merasakan sesak nafas dan disertai dengan kepala yang cenderung pusing dan adanya keringat dingin. Penyakit jantung sendiri bisa terjadi karena pembuluh darah arteri koroner mengalami penyumbatan atau penyempitan karena banyaknya tumpukan lemak, kolesterol, dan juga plak-plak sehingga darah pun akan tersumbat sehingga otot-otot jantung pun rusak. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, maka kita pun bisa terkena serangan jantung yang bisa mengancam nyawa.

Baca Juga:  Kembar Siam Ini Akan Melakukan Operasi Pemisahan Meskipun Beresiko Kematian

Satu hal yang pasti, andai kita mengalami gejala nyeri pada dada dalam jangka waktu yang cukup lama, jangan ragu untuk segera memeriksakan kondisi anda ke dokter atau klinik terdekat. Dengan penanganan yang tepat, kita mungkin bisa menyelamatkan nyawa kita dari mengenali gejala penyakit yang berbahaya ini.