Nutrisi – Nutrisi Yang Sehat Untuk Kulit Anda

DokterSehat.Com – Kulit adalah suatu organ pada tubuh yang penting selain untuk kecantikan, kulit penting untuk melindungi tubuh kita dari beberapa faktor lingkungan seperti virus, bakteri, beberapa bahan kimia, dan perubahan temperatur. Kulit juga mengandung pigmen melanin yang melindungi kulit terhadap sinar ultraviolet dari matahari.

18

Kulit juga sangat bergantung pada pola makan yang sehat. Semakin baik nutrisi kita, semakin sehat dan bersinar pula kulit kita. Selain memiliki pola makan yang sehat, melakukan perawatan kulit merupakan cara terbaik menjaga kecantikan dan keindahan kulit. Tak hanya tubuh yang membutuhkan zat-zat bergizi untuk tetap sehat, tetapi kulit pun sangat membutuhkan nutrisi setiap harinya agar tetap sehat dan mampu menggantikan sel-sel kulit mati dengan sel-sel kulit baru yang lebih sehat.

Dibawah ini ada beberapa nutrisi yang bisa kita ingat untuk memilih makanan yang sehat untuk kulit atau dijadikan acuan untuk memilih produk perawatan kulit atau vitamin yang baik:

1. Vitamin A dan karoten

Vitamin A berperan dalam pembentukan sel dari sel epitel epidermis kulit, berperan dalam proses keratinisasi kulit, pengaturan produksi sebum, membantu mengembalikan dan memperbaiki kerusakan akibat cahaya, striae, dan selulit. Vitamin A terdapat di dalam pangan hewani, sedangkan karoten terutama dalam pangan nabati. Sumber vitamin A adalah hati, kuning telur, susu, dan mentega. Sumber karoten adalah sayuran berwarna hijau dan buah-buahan yang berwarna kuning-jingga, seperti daun singkong, daun kacang, kangkung, kangkung, bayam, kacang panjang, buncis, wortel, tomat, jagung kuning, pepaya, mangga, nangka masak dan jeruk.

2. Vitamin B

Untuk menjaga kelembaban dan meregenerasikan kulit. Zat Panethenol yang dihasilkan dari vitamin B adalah zat dari vitamin yang dapat dioleskan pada bagian luar kulit dan dapat diserap sampai ke lapisan kulit bagian dalam. Yang bermanfaat menjaga keseimbangan dan sekaligus menjaga kelembaban kulit. Beberapa makanan yang mengandung vitamin B adalah beras merah, singkong, dan kacang hijau.

3. Vitamin C

Tak hanya baik untuk menjaga kekebalan tubuh, tetapi juga untuk kekebalan kulit akibat paparan sinar matahari. Selain itu, vitamin C terkenal akan keampuhannya untuk membuat kulit menjadi lebih putih, serta dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dalam kulit agar kulit tetap elastis. Vitamin C bisa didapat dari jeruk, brokoli, buah kiwi, peterseli, pepaya, tomat, dan sebagainya. Oleh karena itu, tak heran jika vitamin ini sering digunakan sebagai tambahan vitamin pada produk perawatan kulit.

Baca Juga:  Makanan Penambah Gairah Seks

4. Vitamin D

Vitamin D berperan dalam regulasi sistem imun kulit dan pembentukan epitel. Vitamin D diaktifkan di kulit dengan bantuan sinar matahari dan sumber lainnya adalah dari makanan yaitu kuning telur, hati, krim, mentega dan minyak hati-ikan.

5. Vitamin E

Dikenal untuk menjaga kulit tetap awet muda. Vitamin ini pun ternyata dapat mengurangi rasa tidak nyaman atau sakit pada bagian kulit yang pecah-pecah atau meradang. Nutrisi vitamin E bisa kita miliki dengan mengkonsumsi makanan mengandung vitamin E yang tinggi seperti kacang-kacangan, ikan tuna, tauge, alpukat, lobster atau memilih produk perawatan kulit yang mengandung minyak zaitun.

6. Omega 3

Bagi orang-orang yang mengalami masalah kulit keriput atau tidak elastis, omega 3 mampu membuat kulit menjadi elastis. Kita dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3 yang tinggi seperti ikan sarden, ikan kembung, dan salmon. Tubuh tidak memproduksi omega 3, sehingga kita harus mendapatkannya melalui makanan-makanan tersebut.

7. Selenium

Selenium bekerja sama dengan vitamin E sebagai antioksidan. Sumber utama selenium adalah makanan laut, hati, dan ginjal. Daging dan unggas juga merupakan sumber selenium yang baik.

8. Air

Untuk menjaga kulit tetap lembab, mengurangi garis-garis halus dan kerutan, membantu sel menyerap nutrisi dan mengeluarkan racun.

Apabila kita mengkonsumsi atau menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung salah satu nutrisi diatas, kita mempunyai dua keuntungan sekaligus, yaitu tubuh dan kulit yang sehat. Kulit yang cantik tak hanya indah dipandang mata saja, juga harus terjaga kesehatannya melalui produk perawatan kulit dan pola hidup yang baik.