Nutrisi yang berpotensi untuk menyelamatkan mata

Doktersehat.com-Diperkirakan bahwa antara saat ini dan tahun 2020, aka nada lebih banyak orang yang akan menderita kehilangan pengelihatan karena umur (age-related macular degradation (AMD)) dank arena penyakit lainny.



Saat ini USDA Agricultural Research Service (ARS) telah mendanai peneliti di Laboratory for Nutrition and Vision Research dan menemukan bahwa makanan sehat dapat mengurangi biaya pemeliharaan kesehatan dan juga mengurangi penurunan kualitas hidup karena penyakit.

Pada penelitian tersebut, peneliti mengamati asupan makanan dan data lainnya dari 4000 pria dan wanita, pada umur 55-80, yang telah ikut serta dalam Age-Related Eye Disease Study (AREDS)jangka panjang. Dibawah pimpinan Chung-Jung Chiu, para peneliti merangking asupan nutrisi tertentu yang dikonsumsi dalam AREDS, kemudian menghitungnya yntuk mengetahui pengaruhnya terhadap AMD. Sistem penilaian tersebut memungkinkan untuk mengevaluasi hubungan antara nutrisi secara individu atau kombinasi.

Nutrisi yang ditemukan memiliki pengaruh paling melindungu dalam kombinasinya dengan pola makan glikemik rendah adalah vitamins C dan E, zinc, lutein, zeaxanthin, dan asam lemak omega-3 (DHA dan EPA).

Sumber