Nutrisi Super yang Bisa Picu Energi dengan Cepat

Doktersehat.com – Tak bisa dipungkiri, banyak hal yang kita lakukan dalam hidup ini tanpa kita sempat memikirkannya. Semua hal itu dilakukan secara otomatis dan mengalir begitu saja, sehingga menjadi rutinitas dan kebiasaan. Aktivitas makan dan minum sehari-hari misalnya, harus dilakukan secara kontinyu karena kita membutuhkan nutrisi untuk tubuh.



Agar siap menghadapi hari, tubuh memerlukan makanan yang memberikan energi. Ada beberapa nutrisi yang dengan cepat meningkatkan energi, tapi tidak semua sehat terutama karena kandungan kalori yang tinggi. Namun beberapa nutrisi ini terbilang super, karena mampu meningkatkan energi secara instan dengan cara yang sehat.

Berikut beberapa nutrisi sehat dan super yang bisa meningkatkan energi secara instan, seperti dilansir timesofindia, Kamis (10/5/2012):

1. Teh ginseng

Teh ginseng telah dikenal selama berabad-abad sebagai antioksidan. Ginseng juga merupakan stimulan yang memberikan peningkatan energi dan konsentrasi. Sulit untuk menemukan ginseng kering, apalagi segar, sehingga sering merekomendasikan mendapatkan energi dari akar kuno ini melalui secangkir teh ginseng. Kehangatan akan memiliki efek menenangkan pada saraf sekaligus memberikan energi.

2. Pisang

Pisang menawarkan tiga peningkat energi alamiah, yaitu gula berupa sukrosa, fruktosa dan glukosa. Oisang pilihan yang jelas untuk dorongan energi yang cepat. Pisang juga mengandung serat, yang akan membantu mempertahankan kadar glukosa dalam darah, sehingga memberikan Anda sebuah sumber energi yang stabil selama periode yang lebih lama.

3. Keju tua

Keju tua mengandung kadar tinggi dari asam amino tyramine, yang dikenal karena kemampuannya untuk mendorong sekresi hormon stimulan dalam tubuh. Jadi, waktu berikutnya Anda membutuhkan dorongan, coba sepotong Parmesan, Stilton, atau keju keras lainnya. Tapi tetap hati-hati untuk tidak makan secara berlebihan.

4. Stroberi

Stroberi rendah kalor, banyak mengandung vitamin C, mangan dan serat. Satu porsi stroberi, tinggi serat dan sumber yang sangat baik dari vitamin C. Selain itu, stroberi juga mengandung antioksidan yang membantu memperbaiki jaringan tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan kerusakan akibat radikal bebas yang berlebihan.

Sumber : detikhealth.com & id.shvoong.com