Nutrisi Penting Yang Sering Terlewatkan Ketika Sedang Diet

Dokter Sehat – Diet tidak hanya tentang bagaimana seseorang meningkatkan asupan protein dan memangkas asupan lemak plus karbohidrat, jika anda sedang menjalankan program diet, anda juga harus memperhatikan asupan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Banyak orang ketika sedang menjalankan program diet, seringkali melupakan kebutuhan akan asupan nutrisi penting lain seperti kalium, magnesium, dan lain sebagainya.

10

Padahal, nutrisi-nutrisi penting tersebut mempunyai peran vital dalam menjaga kesehatan tubuh. Katakanlah anda sukses dalam menurunkan berat badan, namun di sisi lain karena kekurangan nutrisi penting lainnya, tubuh anda jadi mudah terserang penyakit. Paradoks seperti ini tentunya tidak anda inginkan bukan? Maka dari itu segala sesuatu itu sebaiknya dilakukan secara seimbang, begitu juga halnya dengan diet. Anda juga harus memperhatikan asupan nutrisi penting lainnya seperti yang akan diulas berikut ini.

1.Omega-3
Mengonsumsi makanan yang kaya asam lemak omega-3 dapat mengurangi risiko penyakit jantung, bahkan kandungan DHA dan EPA dalam omega-3 dapat membantu mencegah denyut jantung tidak teratur, mengurangi penumpukan plak, peradangan pada pembuluh arteri, serta menjaga kadar gula darah. National Institutes of Health melaporkan, omega-3 juga lebih efektif memerangi depresi daripada obat antidepresi pada umumnya.

Makanan kaya akan omega-3 antara lain bisa didapatkan dari ikan berlemak seperti salmon, trout, dan sarden. Makanlah satu atau dua porsi jenis ikan ini seminggu sekali untuk mengurangi risiko kematian sebesar 36 persen yang disebabkan oleh jantung.

2.Vitamin D
Vitamin D dikenal berguna meningkatkan penyerapan kalsium dari makanan, kegunaan lainnya ialah mengurangi nyeri kronis, PMS (premenstrual syndrome ), serta mencegah penyakit jantung dan kanker. Masalahnya, tidak semua orang mendapatkan asupan vitamin D yang tepat untuk kebutuhan tulangnya, apalagi dengan tingkat yang lebih tinggi untuk melindungi diri dari penyakit kronis. Bahkan ada orang yang menganggap, berjemur di bawah sinar matahari sudah dapat mencukupi kebutuhan vitamin D dalam tubuh. Padahal, untuk mendapatkan kebutuhan vitamin D yang tepat dibutuhkan setidaknya 1.000 IU (satuan massa) setiap hari, dan itu tidak mungkin didapat dari sinar matahari saja.

Penuhi asupan vitamin D dari makanan asli (seperti salmon, susu yang difortifikasi dengan vitamin D, dan sereal). Apabila sulit memenuhinya, Anda bisa melengkapinya dari suplemen yang mengandung vitamin D.

3.Serat
Serat membuat tubuh Anda tidak gemuk, membantu menjaga kadar gula darah, dan membantu mencegah masalah kesehatan, mulai dari kanker hingga stroke. Nutrisi ini banyak tersedia dalam buah-buahan, sayur, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Setiap orang dianjurkan memenuhi kebutuhan nutrisi ini 25 – 35 gram setiap hari.

Baca Juga:  Inilah Penyakit yang Sering Menjangkit Mahasiswa

Menurut Milton Stokes, asisten peneliti di University of Connecticut dan pendiri One Source Nutrition di Stamford, mayoritas orang lebih senang mengonsumsi makanan cepat saji, padahal makanan jenis ini rendah serat. Inilah yang menyebabkan konstipasi dan penambahan berat badan, hingga obesitas.

Makanan yang mengandung serat bisa Anda dapatkan dari sayur dan buah-buahan. Ketika Anda menambahkan serat dalam menu makanan Anda, pastikan untuk meningkatkan asupan air juga. Peningkatan serat yang drastis tanpa air dapat menyebabkan kembung, sembelit, dan masalah perut lainnya.

4.Kalsium
Selama ini kita hanya tahu bahwa kalsium hanya berfungsi menguatkan tulang, padahal kalsium juga berfungsi mencegah penyakit diabetes, kanker, hipertensi, dan jantung. Bahkan Christine Gerbstadt, juru bicara American Dietetic Association, mengatakan, kalsium juga penting untuk fungsi otot. Jantung adalah otot, dan membutuhkan kalsium.

Jumlah yang disarankan untuk kalsium adalah 1.000 mg per hari untuk wanita 19-50 tahun, dan 1.200 mg untuk wanita 51 tahun ke atas. Untuk memenuhi kebutuhan itu, konsumsi susu dua atau tiga gelas setiap hari. Sebagai tambahan, konsumsi suplemen atau sereal yang diperkaya kalsium atau jus jeruk.

5.Vitamin c
Vitamin C berperan dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh. Selain itu, vitamin C merupakan antioksidan yang dapat mempercepat penyembuhan dan mencegah kerusakan sel tubuh. Vitamin C bisa didapatkan dari berbagai macam sayuran dan buah-buahan.

6.Vitamin E
Vitamin E merupakan antioksidan yang sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit, meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi risiko tersumbatnya pembuluh darah, dan membantu penglihatan yang baik. Uniknya, sumber vitamin E seringkali dijumpai pada makanan yang kadar lemak sehatnya tinggi seperti selai kacang, kwaci, almon, minyak bunga matahari, minyak safflower, dan hazelnut.

7.Vtamin A
Vitamin A sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, pertumbuhan jaringan, dan imunitas. Sumber vitamin A adalah wortel, ubi jalar, labu, bayam, sereal, dan sebagainya.

8.Magnesium
Kurangnya kadar magnesium dalam tubuh bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes, kram otot, tekanan darah tinggi, dan osteoporosis. Untuk memenuhi kebutuhan magnesium, anda bisa mengonsumsi almond, kacang polong, bayam, dan lain sebagainya.