Nutrisi Penting Untuk Wanita Dewasa

DokterSehat.Com – Seiring bertambahnya usia, ada banyak risiko kesehatan mengancam para wanita, terutama ketika menjelang menopause. Misalnya saja penyakit jantung dan juga stroke.



Wanita punya kadar hormon estrogen yang terbatas setelah menopause, terang Dr Nereida Correa, ginekolog dari Einstein College of Medicine di New York City. Sekali kekurangan estrogen, wanita berisiko besar terserang penyakit jantung.

Memang selama ini penyakit jantung menjadi salah satu penyebab utama kematian wanita. Untuk mencegah hal tersebut, My Health News Daily (25/08) membagikan informasi mengenai nutrisi apa saja yang dibutuhkan wanita dewasa. Dengan memenuhi kebutuhan nutrisi ini, risiko terserang osteoporosis, diabetes, kanker payudara, dan tekanan darah tinggi pun ikut menurun.

  • Vitamin B12
    Vitamin B12 juga bisa membantu wanita menurunkan risiko terkena penyakit anemia. Para peneliti mengatakan bahwa wanita berumur yang terlalu sedikit mengonsumsi sedikit protein, folat, zat besi, vitamin c, dan vitamin B12 bisa berisiko terkena anemia. Masalahnya kekurangan vitamin B12 biasanya terjadi seiring bertambahnya usia. Maka dari itu seorang wanita berumur bisa mendapatkan asupan vitamin B12 dari ikan, daging, ayam, telur, susu, dan juga sereal.
  • Asam lemak omega
    Dengan mengonsumsi ikan berlemak, maka Anda akan mendapatkan asupan asam lemak omega-3. Dengan mengonsumsi asam lemak omega-3 maka wanita juga berkurang risikonya untuk terkena penyakit jantung. Asam lemak omega-3 dapat meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol buruk. Nutrisiini bisa Anda dapatkan dari ikan, terutama ikan salmon. Nila, dan ikan kod, setidaknya dua kali seminggu.
  • Kalsium
    Mengonsumsi kalsium bagi wanita yang memasuki usia lanjut akan membantu pembentukan sel baru pada tulang. Kalsium bisa didapatkan dengan mengonsumsi suplemen kalsium sebanyak 2 kali sehari. Selain itu kalsium juga bisa ditemukan pada tahu, sereal, kedelai, minuman dari beras, sayuran seperti kubis, brokoli, sawi, ikan sarden atau salmon.
  • Vitamin D
    Vitamin D ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Jika Anda kekurngan vitamin D, Anda bisa mengalami kerapuhan tulang bahkan osteoporosis. Jika Anda mengonsumsi Vitamin D merupakan nutrisi penting untuk tulang. Kurangnya vitamin D dalam tubuh akan menyebabkan tulang rapuh atau bahkan terkena osteoporosis. Vitamin D bisa Anda dapatkan dari suplemen, makanan atau dari kulit. Wanita berumur harus mengosumsi 8 ons susu rendah lemak sebanyak 4 kali sehari. Namun, wanita menurut penelitian wanita tidak dianjurkan untuk terlalu banyak mengonsumsi susu dan mengganti dengan multivitamin.
  • Asam folat (vitamin B9)
    Asam folat atau yang juga disebut dengan vitamin B9 sangat penting bagi wanita hamil dan juga bagi wanita usia lanjut. Vitamin ini dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah. Jika Anda kekurangan vitamin B9, maka Anda cukup berisiko terkena anemia atau mudah lelah.

    Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi banyak asam folat bisa mengurangi risiko hipertensi. Para peneliti ini melakukan penelitian bersama 94.000 wanita berusia 27-44 tahun. Mereka membandingkan para wanita yang mengonsumsi 1.000 microgram asam folat setiap jari dengan yang mengonsumsi asam folat hanya 200 microgram setiap harinya.

    Para peneliti ini menemukan bahwa dari 12.347 wanita berusia lanjut menderita tekanan darah tinggi, sedangkan mereka yang mengonsumsi asam folat dengan jumlah yang lebih banyak hanya 18 persen saja yang menderita tekanan darah tinggi. Peneliti juga mengungkapkan bahwa wanita usia lanjut setidaknya harus mengonsumsi 400 microgram asam folat.

    Untuk mengonsumsi asam folat, Anda bisa menemukannya pada jenis sayuran berdaun hijau, pada buah jeruk, labu, kacang-kacangan, dan juga minyak zaitun.