Nutrisi Ajaib Basmi Sembelit

DokterSehat.com – Konstipasi atau sering dikenal dengan istilah susah buang air besar atau sembelit adalah gangguan pencernaan yang amat menyiksa dan seringkali menimbulkan rasa tidak nyaman. Kendati demikian, tak jarang gejala konstipasi dianggap sebagai penyakit remeh.  Sembelit yang menyerang dalam jangka waktu panjang dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan tubuh, bahkan sembelit juga dapat memicu timbulnya penyakit kanker.



Sembelit adalah suatu keadaan frekuensi buang air besar yang tidak normal dengan intensitas lama yang disertai rasa sakit.

Kekurangan cairan serta serat makanan menjadi penyebab utama timbulnya gejala sembelit, meskipun sebenarnya terdapat faktor lain yang turut mempengaruhi timbulnya sembelit.

Berikut ini adalah langkah alami yang dapat Anda terapkan untuk mengatasi gejala sembelit:

Coba Herbal

Terapi herbal merupakan pengobatan sembelit tertua, dan telah diterapkan pada hampir beraneka ragam budaya yang ada di seluruh dunia. Pada umumnya obat pencahar herbal diramu dari bahan fenugreek, barley, dan biji rami. Selain itu, cascara segrada, tanaman lidah buaya, dan senna juga bisa menjadi stimulan untuk terapi sembelit.

Tetapi Anda perlu waspada mengenai terapi herbal tersebut, misalnya untuk jenis tanaman lidah buaya. Tanaman lidah buaya dapat menimbulkan kram. Disamping itu, terapi herbal sembelit juga mempunyai efek samping pada saat berinteraksi dengan jenis suplemen dan obat lain. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter dan pakar kesehatan sebelum mempergunakan terapi herbal.

Perbanyak Asupan Serat

Cara paling mudah untuk mengatasi keluhan sembelit adalah dengan meningkatkan asupan serat. Asupan serat yang dianjurkan sekitar 20 sampai 35 gram per hari. Untuk memperoleh serat dalam jumlah cukup, cobalah untuk mengkonsumsi sayuran, gandum, dan buah-buahan.

Anda juga perlu waspada pada saat mengonsumsi serat, karena pemanfaatan serat yang berlebihan justru dapat memperburuk konstipasi. Hal seperti ini dapat diatasi dengan cara mengkonsumsi air dalam jumlah lebih tinggi agar serat dapat masuk dalam sistem pencernaan dengan lancar.

Baca Juga:  Aspirin, Obat Mujarab Penjaga Kesehatan Para Lansia

Konsumsi Probiotik

Probiotik merupakan jenis bakteri baik yang berada dalam usus dan berguna untuk menyehatkan sistem pencernaan. Contoh probiotik antara lain adalah Bifidobacterium, Sacchromyces boulardi, dan Lactobacillus. Probiotik tergolong cukup efektif untuk mengatasi keluhan sembelit. Biasanya probiotik tersedia dalam wujud suplemen. Tak jarang probiotik juga terkandung dalam yogurt.