Nugget Picu Berbagai Penyakit Mematikan

DokterSehat.Com – Untuk mendapatkan sarapan pagi, banyak ibu-ibu yang tinggal di area perkotaan yang memilih untuk memasak masakan yang mudah untuk dimasak sehingga tidak akan memakan waktu lama. Dengan memasak makanan dengan cepat, tentu resiko untuk terjebak di kemacetan yang membuat terlambat memasuki sekolah atau tempat kerja bisa dihindari. Salah satu jenis makanan yang banyak dipakai oleh ibu-ibu untuk memasak makanan adalah nugget ayam. Nugget ayam sendiri banyak disukai anak-anak karena rasanya sangat enak dan memiliki variasi ukuran dan bentuk. Sayangnya, dibalik kebaikan dari nugget ini, bahan-bahan pembuat nugget ternyata sangat tidak baik bagi kesehatan.

doktersehat-nugget

Tepung yang menjadi salah satu bahan dasar dari nugget kebanyakan adalah tepung yang bebas glutten. Bahkan dalam beberapa kasus, nugget berharga murah bisa jadi adalah tepung yang dipakai dua kali yang tentu saja tidak baik bagi kesehatan. Selain itu, bahan gula juga banyak tersedia dalam nugget, baik itu nugget yang berharga mahal atau nugget yang berharga murah. Dengan banyak mengkonsumsi kandungan gula pada nugget, maka tubuh akan mengalami masalah yang sama layaknya dengan menyimpan bahan lemak dalam tubuh. Banyak pakar kesehatan yang berkata jika kandungan gula yang berlebihan dalam tubuh tentu akam memicu masalah diabetes atau hiperglikemia.

Bahan lain yang tersedia dalam nugget ayam adalah bahan sodium. Tahukah anda, jika kita mengkonsumsi setidaknya 10 buah nugget sehari, maka anda akan mengkonsumsi setidaknya 1000 miligram sodium. Itu adalah jumlah yang melampaui separuh dari kebutuhan sodium dalam sehari. Jika dikombinasikan dengan bahan makanan lain, maka bisa jadi tubuh mengalami kelebihan sodium yang bisa memicu masalah tekanan darah tinggi yang jika dibiarkan bisa memicu penyakit jantung. Selain itu, bahan TBHQ juga banyak ditemukan di nugget ayam. Bahan makanan ini disamping bisa memicu kerusakan pada hati, sel dalam tubuh dan juga sistem reproduksi bisa mengalami kerusakan yang sangat besar. Bahan TBHQ sendiri kerap digunakan dalam pembuatan bahan kosmetik sehingga tentu akan sangat kurang baik jika sering-sering kita konsumsi, apalagi untuk lauk sarapan setiap hari.