Normalkah Tanda Lahir di Wajah Bayi?

DokterSehat.Com – Penantian panjang seorang ibu hamil akan hadirnya seorang bayi terbayar sudah ketika masa persalinan tiba. Dambaan akan seorang buah hati yang sehat, lucu dan lugu kemudian muncul dalam benak. Namun, untuk sebagian orang tua sangat khawatir ketika pada bagian wajah bayi terdapat tanda lahir.

14

Tanda lahir memang tidak semua di wajah, ada pada bagian tangan, kaki atau anggota tubuh lainnya. Tanda lahir pada bayi juga berbeda warna, ukuran dan bentuk sehingga orang tua terkadang khawatir jika tanda pada wajah bayi akan menggangu dan mengurangi rasa percaya diri anaknya ketika tubuh dewasa.

Tanda lahir ada yang bisa menghilang dengan sendirinya ada pula yang harus dilakukan tindakan untuk menghilangkannya. Bagaimana dengan tanda lahir pada bagian wajah dapatkah hilang dengan sendirinya atau harus menggunakan tindakan medis? Berikut ini penjelasan mengenai tanda lahir di wajah bayi. Tanda lahir memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda. Tanda lahir melekat pada bagian tubuh salah satunya pada bagian wajah. Tanda lahir yang umum melekat pada bagian wajah ada yang menghilang dengan sendirinya adapula yang harus dilakukan penanganan medis.

Berikut ini adalah jenis tanda lahir yang menempel pada wajah bayi :

  • Salmon patch
    Tanda lahir salmon patch atau strok bite muncul dipermukaan kulit dengan tanda-tanda kecil, datar atau merah muda. Pada salmon patch umumnya muncul pada bagian kening, bawah bibir, kelopak mata atau hidung. Meskipun demikian tanda lahir salmon patch tidak berbahaya dikarenakan akan hilang dengan sendirinya.
  • Port wine stain
    Anda lahir Port Wine Stain  memiliki ciri ciri yaitu berwarna merah muda kemerahmerahan bahkan dapat beralih hingga berwarna merah keunguan. Tanda lahir Port Wine Stain  akan tumbuh besar dan tebal pada bagian wajah. Tanda lahir Port Wine Stain memiliki ukuran yang lebih besar. Seringkali tanda lahir Port Wine Stain  muncul pada bagian jidat dan sekitar mata. Apabila tanda lahir Port Wine Stain  terjadi maka anda dapat berkonsultasi pada dokter spesialis mata dan spesialis kulit sehingga mendapatkan penanganan dini. Port Wine Stain umumnya terjadi karena adanya pelebatan kapiler meskipun tidak berbahaya akan tetapi apabila terjadi pada bagian kelopak mata maka akan meningkatkan risiko glaukoma. Apabila harus dilakukan pada anak yang memiliki tanda lahir Port Wine Stain maka dilakukan dengan terapi laser, pencangkokan kulit atau pembedahan.
  • Hemangioma
    Pada tanda lahir hemangioma terjadi karena pembuluh darah yang menggumpal dan kecil sehingga seringkali terlihat pada bagian wajah. Tanda lahir Hemangioma membutuhkan waktu yang lama untuk menghilang, umumnya  hingga usia 9-10 tahun. Anda tidak perlu khawatir karena tanda lahir Hemangioma yang berbahaya adalah tanda lahir yang berada di pasa seputaran mata atau mulut sehingga menggangu jalan nafas dan menutup. Sehingga pemeriksaan medis dapat segera dilakuan apabila menganggu.
  • Malformasi vena
    Tanda lahir malformasi Vena merupakan kategori tumor pembuluh darah yang disebabkan karena kondisi yang tidak normal akibat terjadinya pembuluh darah yang melebar. Meskipun demikian anda tidak perlu cemas dikarenakan malformasi Vena akan memudar. Tanda lahir malformasi Vena  umumnya muncul pada bagian anggota tubuh seperti pipi, bibir bahkan lidah. Tanda lahir jenis malformasi Vena secara lambat akan terus berkembang dan tidak akan hilang seiring waktu sehingga harus dilakukan operasi untuk menghilangkannya.
  • Nevi bawaan
    Nevi Bawaan atau tahi lalat akan muncul dimana saja. Bahkan nevi bawaan akan muncul pada 1 dari 10 kelahiran bayi. Ciri-ciri bayi yang memiliki nevi bawaan diantaranya adalah berwarna hitam atau coklat. Pada tanda lahir Nevi bawaan dapat diperiksakan apabila terjadi pelebara maka dapat dilakukan pengangkatan.