Normalkah Jika Setelah Menikah Masih Tetap Melakukan Masturbasi?

DokterSehat.Com– Masturbasi adalah salah satu aktifitas seks yang dilakukan oleh banyak orang. Namun, kebanyakan orang melakukannya saat belum menikah. Namun, dalam realitanya, cukup banyak orang yang tetap melakukannya meskipun sudah menikah. Apakah hal ini termasuk hal yang normal?

doktersehat-masalah-pasangan-seks

Diambil dari beberapa penelitian, disebutkan bahwa masturbasi kerap kali dilakukan oleh mereka yang masih berusia remaja. Selain itu, pria juga cenderung lebih sering melakukannya jika dibandingkan dengan wanita dimana pria rata-rata melakukannya 4 hingga 9 kali per bulan, sekitar 2 kali lipat dari wanita yang hanya melakukannya 2 hingga 4 kali setiap bulannya.

Banyak orang yang tidak memiliki pasangan memilih untuk melakukan masturbasi demi mengekspresikan hasrat seksualnya. Mereka memilihnya sebagai alternatif untuk menghindari penularan infeksi kelamin atau bahkan mempelajari tubuhnya sendiri untuk mengetahui seperti apa cara terbaik untuk memuaskan hasrat seksualnya.

Pakar kesehatan seksual Dr. Fran Walfish menyebutkan bahwa tak hanya berfungsi sebagai tindakan fisik, masturbasi juga bisa menjadi hal yang berkaitan dengan psikologi seseorang. Menurut Dr. Fran, pria ternyata mudah terobsesi dengan masturbasi dan bahkan bisa lebih tertarik untuk melakukannya alih-alih berhubungan intim karena merasa aktifitas ini lebih mudah untuk dilakukan dan lebih memuaskan. Lantas, apakah hal ini tidak normal untuk dilakukan oleh pasangan yang sudah menikah?

Penulis buku Sexy Mamas: Keeping Your Sex Life Alive While Rising Kids bernama Anne Semans menyebutkan bahwa berhubungan seks dan masturbasi bisa menjadi hal yang saling melengkapi, menurut Semans, mereka yang kerap bermasturbasi juga cenderung memiliki aktifitas seks yang lebih memuaskan. Hal ini juga bisa membuat pelakunya tetap dapat memuaskan hasrat seksualnya tanpa perlu membebani pasangannya yang mungkin sedang sibuk atau berada dalam kondisi lainnya.

Baca Juga:  Hilangkan Depresi Dengan Seks

Pakar kesehatan seksual lainnya, Michel Ashworth, Ph.D menyebutkan bahwa masturbasi yang dilakukan oleh pasangan yang sudah menikah ternyata tidak akan mengambil alih aktifitas seksual dari pasangan suami istri sehingga tidak perlu dikhawatirkan, asalkan tidak dilakukan dengan berlebihan.