Normalkah Jika Remaja Putri Merasa Sakit Saat Payudaranya Mulai Tumbuh?

DokterSehat.Com– Berbeda dengan pria yang cenderung hanya bertambah tinggi, wanita akan mengalami perubahan tubuh yang cukup signifikan saat memasuki masa puber. Tak hanya mulai mengalami menstruasi yang cukup merepotkan setiap bulannya, wanita yang sudah memasuki masa puber juga akan mengalami pertumbuhan payudara. Salah satu hal yang kerap ditanyakan soal pertumbuhan payudara ini adalah apakah hal ini akan membuat rasa nyeri atau tidak nyaman pada tubuh. Berikut penjelasan pakar kesehatan akan pertumbuhan payudara pada remaja putri.

doktersehat-menstruasi-payudara-sakit-galaktorea

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa payudara terdiri dari jaringan lemak, pembuluh darah, serta saluran susu. Biasanya, payudara pada remaja putri akan mulai tumbuh di usia 8 hingga 13 tahun. Fungsi dari tumbuhnya payudara ini tentu saja adalah agar bisa difungsikan sebagai sumber ASI setelah wanita memiliki anak di usia dewasa nantinya.

Apakah pertumbuhan payudara di usia remaja ini bisa menyebabkan rasa sakit? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa sebagian remaja putri akan merasakannya, namun, banyak pula wanita yang tidak mengalami rasa sakit tersebut. Beruntung, rasa sakit ini ternyata wajar terjadi.

Saat mulai mengalami fase pubertas, tubuh wanita mengalami pelepasan hormon estrogen dan progesteron yang bisa merangsang tumbuhnya jaringan payudara. Tak hanya itu, hal ini juga akan membuat kulit di sekitar payudara semakin meregang sehingga menyebabkan rasa tidak nyaman atau sakit. Hormon ini juga akan mengubah jumlah cairan pada jaringan payudara yang membuat rasanya menjadi lebih sensitif atau kurang nyaman.

Tak hanya akan membuat rasa tidak nyaman, kadangkala payudara yang meregang akan membuatnya memiliki tanda kemerahan. Untungnya hal ini wajar terjadi dan kita bisa membeli krim khusus yang bisa didapatkan di apotek untuk mengatasi tanda kemerahan ini.