Normalkah Jika Perut Masih Buncit Setelah Melahirkan?

DokterSehat.Com– Perut yang membuncit saat hamil memang hal yang wajar terjadi mengingat bayi juga mengalami perkembangan ukuran dan berat badan. Namun, setelah melahirkan, perut ibu biasanya akan kembali ke ukuran semula. Hanya saja, dalam beberapa kasus, ada ibu yang mengeluhkan perutnya yang tetap saja membuncit setelah melahirkan. Apakah hal ini normal adanya?

doktersehat-hamil-minum-kopi

Mengenal baby bump
Perut yang membuncit karena kondisi hamil ini disebut sebagai baby bump. Normalnya, baby bump ini memang masih bertahan pada perut wanita dalam waktu 1 hingga 2 minggu setelah melahirkan. Setelahnya, lambat laun perut buncit ini akan mengempis secara alami.

Dalam beberapa kasus, otot yang melar tak kunjung kembali ke ukuran normal
Jika setelah melewati dua minggu setelah melahirkan perut masih dalam kondisi membuncit, bisa jadi hal ini disebabkan oleh otot perut yang masih melar. Otot-otot pada perut ini tidak bisa cepat kembali ke ukuran semula karena mengalami regangan atau tarikan dalam waktu yang sangat lama mengikuti ukuran rahim yang ikut membesar saat hamil. Tak perlu khawatir, hal ini hanyalah tentang seberapa sabar kita menunggu ukuran perut kembali normal dengan menerapkan gaya hidup yang sehat.

Kadangkala disertai dengan rasa nyeri
Baby bump yang masih ada setelah melahirkan biasanya terjadi karena masih adanya cairan ketuban, darah, dan cairan lainnya. Untuk mengembalikan perut ini ke ukuran semula, kadangkala wanita harus merasakan sedikit sensasi nyeri. Meskipun wajar adanya, ada baiknya kita memeriksakan diri ke dokter jika memang merasakan sesuatu yang tidak beres pada tubuh setelah melahirkan.