Normalkah Jika Kotoran BAB Terlihat Lengket?

doktersehat-toilet-ambeien-wasir-buang-air-besar-lancar-bab-Inkontinensia-Usus-kencing-berdarah

DokterSehat.Com– Meski terlihat menjijikkan, dalam realitanya bentuk dan warna kotoran yang kita keluarkan saat buang air besar bisa menandakan adanya masalah kesehatan. Salah satu bentuk kotoran yang terkadang membuat kita bertanya-tanya tentang kondisi kesehatan di dalam tubuh adalah kotoran yang terlihat lengket dan padat.

Dikutip dari Medicalnewstoday, disebutkan bahwa ada kemungkinan kotoran yang lengket ini menandakan adanya gangguan pada pencernaan saat menyerap lemak. Selain itu, bisa jadi hal ini dipicu oleh masalah penyakit celiac, kondisi yang disebabkan oleh masalah pada organ pankreas atau terjadinya infeksi yang memengaruhi pembentukan kotoran menjadi lebih tebal dan lengket.

Bagi sebagian orang yang mengalami masalah dalam mencerna lemak, mengonsumsi makanan berlemak tinggi memang bisa memicu pembentukan kotoran yang lengket ini. Beberapa jenis makanan tersebut adalah gorengan, daging berlemak, produk susu berlemak, mentega, dan roti-rotian.

Bagi mereka yang mengalami penyakit celiac, mengonsumsi gluten bisa memicu kerusakan pada pencernaan yang akhirnya berimbas pada sulitnya tubuh menyerap lemak. Karena alasan inilah penderita penyakit ini cenderung disarankan untuk mengonsumsi makanan bebas gluten.

Untuk mengatasi masalah kesehatan ini, pakar kesehatan menyarankan kita untuk rajin-rajin mengonsumsi makanan yang kaya akan serat seperti buah, sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, atau gandum utuh. Hindari konsumsi makanan olahan, dan mulailah rajin berolahraga serta mendapatkan waktu tidur yang cukup.

Jika kotoran dalam bentuk lengket ini terus-menerus muncul hingga lebih dari dua minggu dan disertai dengan gejala lainnya seperti adanya darah pada kotoran, ada baiknya kita segera memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter untuk mengetahui apa penyebabnya.

Sobat Sehat tidak jijik kan kalau harus mengecek kotoran saat buang air besar?

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik