Normalkah Jika Darah Menstruasi Berwarna Hitam?

DokterSehat.Com – Setiap bulannya, kaum hawa yang masih berada dalam masa subur tentu akan mengalami siklus menstruasi. Dalam fase haid ini, mereka akan mengeluarkan cukup banyak darah kotor dan mengalami gejala kesehatan layaknya perubahan suasana hati hingga kram perut. Biasanya, darah kotor yang keluar saat menstruasi berwarna merah, namun, ada kalanya wanita menemukan darah menstruasinya berwarna hitam. Apakah warna darah yang gelap ini termasuk normal?

doktersehat-menstruasi-darah-datang-bulan-pantyliner-softex-pembalut-berenang

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa darah menstruasi yang berwarna hitam ternyata termasuk dalam hal yang normal. Biasanya, hal ini disebabkan oleh adanya gangguan hormon yang tidak bersifat permanen. Pemicu dari gangguan hormon ini pun cukup banyak, namun, yang paling sering adalah karena faktor stress karena beban pikiran atau pola makan yang tidak sehat.

Meskipun dianggap tidak berbahaya bagi kesehatan, ada baiknya kaum hawa tidak menyepelekan darah menstruasi yang berwarna hitam ini. Jika hal ini kerap terjadi, ada baiknya kaum hawa segera memeriksakan kondisi ini ke dokter karena dikhawatirkan menjadi tanda awal dari adanya masalah miom atau kista. Sebagai informasi, wanita dengan usia di atas 25 tahun cenderung rentan terkena masalah kista pada organ reproduksi yang bisa menyebabkan gangguan kesuburan.

Untuk mencegah darah menstruasi memiliki warna yang gelap atau menghitam, pakar kesehatan menyarankan kaum hawa untuk mengkonsumsi pola makan yang sehat dan memiliki kadar gizi yang seimbang. Pastikan untuk mendapatkan asupan zat besi dan kalium yang cukup agar dinding rahim lebih rileks dan tidak memicu masalah pada siklus menstruasi. Tak hanya itu, ada baiknya kaum hawa mulai lebih baik dalam mengendalikan stress dan rutin melakukan olahraga. Jangan lupakan pula kebiasaan mencukupi kebutuhan air putih setiap hari.