Normalkah Jika Badan Selalu Terasa Lemas Saat Hamil?

DokterSehat.Com – Saat hamil, tubuh wanita akan mengalami perubahan yang cukup signifikan. Tak hanya berubah bentuk menjadi lebih besar, khususnya pada bagian perut, seringkali kekuatan fisik ibu hamil juga akan ikut terpengaruh. Sebagai contoh, cukup banyak wanita yang cenderung mudah lelah atau merasa lemas sepanjang hari sehingga tentu akan mengganggu aktifitasnya sehari-hari. Apakah hal ini normal adanya?

doktersehat-kehamilan-hamil

Pakar kesehatan menyebutkan jika kondisi badan lemas ini bisa dialami oleh ibu hamil pada saat trimester pertama dan terakhir. Biasanya, rasa lemas pada trimester pertama ini disebabkan oleh cepatnya janin mengalami pertumbuhan di dalam kandungan. Pada saat tersebut, tubuh ibu hamil akan memproduksi hormon progesteron dengan sangat banyak dan pada akhirnya akan membuat badan menjadi mudah lemas. Sementara itu, jika badan terasa lemas pada saat trimester ketiga kehamilan, hal ini disebabkan oleh besarnya ukuran atau berat dari janin di dalam kandungan. Adanya beban tambahan ini akan membuat ibu hamil merasakan beban tubuh yang lebih berat saat berjalan atau melakukan aktifitas lainnya. Alhasil, mereka pun akan merasa mudah lelah dan kurang nyenyak saat tidur.

Pakar kesehatan menyarankan ibu hamil untuk kerap mengambil waktu beristirahat, termasuk dalam hal mengambil waktu tidur siang. Dengan melakukannya, maka ibu hamil bisa mendapatkan kembali stamina untuk beraktifitas. Tak hanya itu, ibu hamil juga disarankan untuk melakukan olahraga secara teratur, khususnya olahraga ringan layaknya berjalan santai 3 hingga 4 kali dalam seminggu selama 30 menit. Pakar kesehatan sendiri tidak merekomendasikan olahraga yang berat karena bisa membuat ibu kelelahan atau jatuh sakit.

Tips lain yang bisa dilakukan oleh ibu hamil untuk membuat mereka tidak mudah lemas adalah menjaga asupan bergizi setiap hari. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat, protein, vitamin, serta mineral akan membuat mereka memiliki energi yang cukup. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menjaga asupan air putih.

Baca Juga:  Luar Biasa, Mitos Kehamilan Ini Ternyata Ada Benarnya

Jika rasa lemas ini dirasa berlebihan, ada baiknya ibu hamil segera memeriksakan kondisi kesehatannya ke dokter.