Nonton Tv Dan Main Komputer Terlalu Lama Ganggu Mental Anak

DokterSehat.Com – Anak-anak yang menonton televisi dan bermain komputer lebih dari dua jam sehari berisiko tinggi mengalami gangguan psikologis. Sebuah peringatan bagi orangtua yang lalai membiarkan anaknya diperbudak tayangan televisi.



Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada Archives of Pediatrics & Adolescent Medcine menemukan bahwa anak yang terlalu lama menonton televisi memiliki kecenderungan bersikap agresif kepada orang lain. Menurut naturalnews.com waktu meneonton tv selama dua jam sehari sudah terbilang berlebihan.

Selain itu, penelitian yang dilakukan ilmuwan asal Kanada juga menemukan dampak buruk lain dari menonton tv dan bermain computer terlalu lama. Selain berdampak buruk bagi kesehatan tubuh anak, ternyata kegiatan tersebut juga membuat performa anak pada saat di sekolah semakin menurun seiring bertambahnya usia setelah mencapai usia 10 tahun.

Bahkan, isu semacam ini menurut sejumlah ahli sama sekali bukan masalah yang kecil. Hal ini merupakan masalah yang sangat serius yang akan dihadapi oleh anak.

Dr. Alan Mendelsohn, seorang profesor ahli bidang kesehatan anak di New York, menyatakan bahwa terlalu lama menonton tv dan bermain komputer akan membuat anak menjadi hiperaktif, sulit untuk bergaul, bertindak kasar dan juga menjadi anti sosial.

Dengan adanya ancaman semacam ini, orang tua diharapkan mampu berperan aktif untuk membatasi waktu anak untuk menonton tv maupun bermain computer. Terlebih lagi, jika anak sudah mulai memperagakan sejumlah adegan di dalam tv maupun permainan mereka, maka orang tua wajib untuk waspada.