Ngorok Saat Tidur Berkaitan Dengan Penyakit Jantung?

DokterSehat.Com– Ngorok atau mendengkur termasuk dalam masalah yang kerap menimpa banyak orang, khususnya pria dewasa. Bagi penderitanya, masalah kesehatan ini bisa membuat mereka mengalami penurunan kualitas tidur dengan signifikan dan terbangun dengan kondisi yang tidak bugar. Namun, ada pula orang yang menyebut kebiasaan mendengkur ini berkaitan dengan penyakit jantung atau masalah kesehatn kardiovaskular lainnya. Apakah hal ini benar adanya?

doktersehat-tidur-mendengkur

Pakar kesehatan spesialis jantung bernama dr. Ayuthia Putri Sedyawan, BMedSc, SpJP, FIHA yang berasal dari Rumah Sakit Mayapada Lebak Bulus Jakarta menyebutkan bahwa masalah kesehatan bernama obstructive sleep apnea sedang banyak menimpa banyak orang. Salah satu gejala dari penyakit ini adalah kebiasaan ngorok di malam hari. Hal ini disebabkan oleh posisi lidah yang jatuh ke belakang sehingga menyebabkan tertutupnya jalur pernafasan.

Untuk mengatasi masalah kesehatan ini, ada baiknya kita mengubah posisi tidur. Hanya saja, jika kita mengubah posisi tidur hingga mengkurap tetap saja kita masih mendengkur, maka ada baiknya kita segera memerisakan kondisi ini ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Penyebab dari masalah obstructive sleep apnea yang paling sering terjadi ternyata adalah kegemukan atau obesitas, bukannya penyakit jantung. Menurut dr. Ayuthia, gejala dari penyakit jantung adalah rasa nyeri pada dada yang tidak bisa ditentukan lokasi tepatnya dengan satu jari saja dan rasa nyeri pada dada yang terjadi saat beristirahat dan bisa menjalar hingga ke lengan, punggung, atau ke leher.

Pastikan untuk menjaga gaya hidup yang sehat seperti menerapkan pola makan dengan kadar gizi seimbang, tidur dengan waktu yang cukup, berolahraga teratur, mencegah stress, dan tidak menerapkan kebiasaan buruk seperti merokok yang berbahaya bagi kesehatan tubuh, khususnya jantung.