Ngolet Setelah Bangun Tidur Ternyata Kurang Baik

DokterSehat.Com – Apa hal pertama yang biasanya kita lakukan setelah membuka mata sehabis tidur malam? Banyak orang yang berkata jika mereka akan segera melakukan peregangan di atas kasur atau yang disebut sebagai ngolet. Dengan melakukan peregangan ini, kita seakan-akan melakukan start ulang pada tubuh agar menjadi lebih segar dan menghilangkan rasa kaku setelah tidur semalaman. Sayangnya, dibalik rasa segar ini, pakar kesehatan menyebutkan jika ada bahaya saat melakukan ngolet.

doktersehat-wanita-seksi-ngolet-stretch

Pakar kesehatan dan olahraga Ade Tobing menyebutkan jika saat kita baru bangun tidur, suhu tubuh kita masih dalam kondisi yang rendah sebagai cara alami tubuh saat tertidur karena adanya perlambatan metabolisme tubuh dan fungsi tubuh. Otot-otot juga belum benar-benar dalam kondisi siap untuk melakukan berbagai gerakan. Alhasil, jika kita memaksakan diri untuk segera melakukan peregangan, yang terjadi tentu saja adalah kita beresiko tinggi mengalami cedera otot.

Otot-otot yang masih lemas jika diregangkan akan menyebabkan otot menjadi tertarik. Hal ini bisa memicu serat-serat otot menjadi rusak dan bahkan dalam beberapa kasus, serat otot bahkan bisa benar-benar putus. Hal ini tentu akan mengundang cedera yang cukup menyakitkan, bukan?

Alih-alih segera melakukan peregangan, Ade menyarankan kita untuk membangunkan tubuh kita terlebih dahulu dan kemudian menenangkan diri sejenak dan kemudian pergi ke toilet untuk buang air kecil. Meskipun terlihat sepele, hal ini akan memberikan kesempatan bagi tubuh untuk menormalkan kembali suhu tubuh dan otot-otot pun menjadi lebih siap untuk melakukan peregangan.

Memang, melakukan ngolet atau peregangan tubuh terasa sangat nyaman dan jika kita tidak melakukannya, ada kecenderungan tubuh kita terasa kurang segar setelah bangun tidur. Namun, Ade menyebutkan jika hal ini hanyalah kebiasaan saja dan jika kita mulai membiasakan untuk tidak ngolet lagi, kita pun tetap bisa bangun dalam kondisi yang segar setiap pagi.