Ngidam Pada Ibu Hamil Ternyata Disebabkan Karena Kekurangan Asupan Ini

DokterSehat.Com– Ngidam adalah sesuatu yang wajar terjadi pada ibu hamil meskipun terkadang yang ngidam justru adalah para ayah. Keinginan ngidam ini juga bisa cukup unik dan tak masuk akal, namun, seringkali ngidam ini membuat ibu hamil ingin mengkonsumsi makanan-makanan tertentu saja yang masih bisa dicari atau dibuat.

doktersehat-ibu-hamil-kehamilan-makan-bergizi

Pakar kesehatan Dr Med. dr. Damar Prasmusinto, SpOG (K) baru-baru ini menyebutkan bahwa ada faktor yang menyebabkan ibu hamil cenderung mengalami ngidam yang aneh-aneh, yakni kekurangan kadar zat besi di dalam tubuhnya. Menurut beliau, ibu hamil memang bisa mengalami masalah kekurangan zat besi jika dan hal ini bisa berimbas pada menurunnya kemampuan otak dalam berpikir lebih jernih. Alhasil, ibu hamil akan cenderung memiliki keinginan yang terkadang tidak masuk akal dan merasa harus benar-benar mendapatkannya agar merasa puas atau lega.

Pakar kesehatan lainnya, Dr. Lesley Braund, PhD, yang merupakan direktur dari Blackmores Institute menyebutkan hal yang tidak begitu berbeda. Menurut Dr. Lesley, Ibu hamil yang kekurangan beberapa asupan nutrisi memang cenderung lebih mudah mengalami ngidam. Karena alasan inilah ada baiknya ibu hamil mengkonsumsi makanan yang bergizi lebih baik daripada sebelumnya, termasuk dalam memenuhi asupan seperti zat besi yang bisa mempengaruhi pikiran atau suasana hati yang jauh lebih baik. Dengan memenuhi asupan zat besi, maka ibu hamil juga akan mengalami sirkulasi oksigen yang jauh lebih lancar pada berbagai organ tubuh seperti otak.

Jika ada ibu hamil yang berkata bahwa mereka tidak bisa mengontrol ngidamnya, Dr. Lesley justru berkata hal yang sebaliknya. Menurut beliau, ngidam hanya ada di dalam pikiran dan setiap ibu hamil bisa mengendalikannya. Hal ini berarti ibu hamil tidak boleh sembarangan mengkonsumsi makanan atau melakukan sesuatu yang kurang baik bagi kondisi kehamilannya hanya karena alasan ngidam.