Ngidam Makanan Tertentu Saat Hamil Ternyata Ada Artinya Lho

DokterSehat.Com– Ngidam adalah hal yang lumrah terjadi pada ibu hamil. Menurut pakar kesehatan, terjadinya perubahan hormon ternyata bisa membuat ibu hamil ingin mengkonsumsi makanan tertentu pada saat-saat tertentu. Tak hanya berkaitan erat dengan mitos kehamilan, ngidam saat hamil ternyata juga bisa memberikan arti tertentu. Apa sajakah arti dari ngidam saat hamil ini?

doktersehat-hamil-makan

Ibu hamil ngidam makanan manis
Sebagian ibu hamil ternyata memiliki keinginan berlebih untuk mengkonsumsi makanan yang manis layaknya permen, cokelat, atau bahkan es krim. Menurut pakar kesehatan, ibu hamil yang ngidam makanan manis menandakan bahwa mereka membutuhkan energi yang lebih banyak. Biasanya, hal ini disebabkan oleh gangguan psikologis layaknya mood yang tidak beraturan hingga pregnancy blues. Selain itu, perubahan kondisi tubuh ibu hamil juga bisa menyebabkan penurunan kadar gula dalam darah.

Jika ibu hamil bisa mengatasi ngidam ini dengan mengkonsumsi sedikti es krim, cokelat, atau permen, maka hal ini masih dianggap wajar dan tidak masalah bagi kesehatan. Hanya saja, jika keinginan untuk mengkonsumsi makanan-makanan tersebut sangat berlebihan, ada baiknya ibu hamil mewaspadai meningkatnya resiko terkena diabetes, kenaikan berat badan yang tidak terkendali, hingga berbagai masalah kesehatan lainnya. Untuk menghindari hal ini, ibu hamil bisa mengganti makanan manis ini dengan buah yang memiliki rasa manis yang tentu lebih sehat.

Ibu hamil ngidam makanan asin
Sebagian ibu hamil ternyata ada yang sulit berhenti ngemil makanan asin layaknya keripik. Menurut pakar kesehatan, hal ini bisa disebabkan oleh tubuh yang kekurangan natrium dan berbagai cairan penting lainnya. Meningkatnya kadar hormon progesterone pada ibu hamil, khususnya pada trimester pertama, memang bisa menurunkan kadar natrium tersebut.

Baca Juga:  Smoothie Pisang, Sarapan Nikmat Bagi Trimester Pertama Kehamilan

Menurut pakar kesehatan, ada baiknya konsumsi makanan asin ini dibatasi karena jika dibiarkan, dikhawatirkan ibu hamil mengalami preeclampsia yang sangat berbahaya.

Ibu hamil ngidam makanan pedas dan asam
Kita tentu kerap menemukan ibu hamil yang ingin makanan pedas dan asam layaknya rujak. Karena tubuh terasa tidak nyaman saat hamil, maka ibu pun membutuhkan makanan yang bisa membuat tubuhnya terasa lebih segar. Meskipun rujak atau makanan pedas dan asam lainnya bisa memberikan segar tersebut, ada baiknya ibu hamil tidak berlebihan mengkonsumsinya karena bisa menyebabkan heartburn atau naiknya asam lambung.