Ngeri, Wanita Ini Berkeringat Darah!

DokterSehat.Com– Seorang wanita berusia 21 tahun yang berasal dari Italia mengalami kondisi yang sangat aneh dan mengerikan. Bagaimana tidak, berbeda dari orang-orang biasa yang mengeluarkan keringat berupa air, keringat yang terkucur pada wajah dan tangannya justru berwarna kemerahan seperti darah! Apa yang terjadi?



Photo Credit: National Post

Pakar kesehatan yang menangani kondisi kesehatannya mengaku sempat kebingungan karena tidak ada luka sama sekali yang muncul pada tangan atau wajahnya. Sebagai contoh, Direktur dari Program Perawatan Hemofilia dari Rumah Sakit St. Michael bernama Dr. Michelle Schozberg menyebut kondisi ini sebagai yang pertama kali Ia lihat seumur hidupnya.

Dalam penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul Canadian Medical Association Journal, disebutkan bahwa pasien ini telah kerap mengalami keringat darah ini secara acak dalam 3 tahun terakhir. Sayangnya, belum diketahui secara pasti bagaimana wanita ini bisa mengeluarkan darah sebagai keringat. Ia hanya bercerita bahwa keringat darah ini muncul saat melakukan olahraga, tidur, dan kondisinya akan menjadi semakin parah saat sedang terkena stress.

Dokter pun kemudian mendiagnosisnya dengan kondisi hematohidrosis, kondisi dimana seseorang mengeluarkan darah atau keringat melalui pori-pori kulit yang tidak terputus. Dr. Schozberg menyebut wanita ini memiliki cacat anatomis pada tingkat mikroskopis yang sangat langka sehingga mengalami gejala yang aneh ini.

Sang wanita sendiri mengaku sangat malu dengan kondisi keringat darah ini. Gara-gara hal ini, kini Ia menjadi seorang pribadi yang cenderung tertutup dan tidak ingin bersosialisasi dengan orang lain. Beberapa kali sang wanita juga melaporkan serangan panik dan gangguan depresi akibat dari kondisi kesehatan ini.